Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA

Authors

  • Yoga Budi Bhakti universitas indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109

Keywords:

Evaluasi, CIPP, Proses, Pembelajaran, IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan evaluasi model CIPP (Contexs, Input, Prosess, Product), mengetahui hasil belajar siswa pada bidang studi IPA dan mengetahui keefektifan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan evaluasi model CIPP di SMP IT Raudlatul Jannah. Penentuan keefektifan suatu proses pembelajaran dilihat dari seberapa besar tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pada awal pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen konteks, input, proses dan produk untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif. Sumber data penelitian adalah Guru IPA, wakil bidang kurikulum, serta Kepsek yang berada di SMP IT Raudlatul Jannah. Pengumpulan data primer menggunakan instrumen observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Data hasil observasi yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif sedangkan data hasil dokumentasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi persyaratan pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran dinyatakan cukup efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Miles, M.B., & Huberman A.M. (1994). Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods. Newbury Park, CA: Sage.

Smith, C. L., & Freeman, R. L. (2002). Using continuous system level assessment to build school capacity. American Journal of Evaluation, 23(3), 307-319.

Stufflebeam, D. L. (1971a). The use of experimental design in educational evaluation. Journal of Educational Measurement, 8(4), 267-274.

Stufflebeam, D. L. (1971b). An EEPA interview with Daniel L. Stufflebeam. Educational Evaluation and Policy Analysis, 2(4), 85-90.

Stufflebeam, D. L. (2007). CIPP evaluation model checklist (2nd ed.). Retrieved from http://www.wmich.edu/evalctr/archive_checklists/cippchecklist_mar2016.pdf

Downloads

Published

2017-11-01

How to Cite

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75–82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109
Abstract Views: 12429 | File Views: 28409