Pembelajaran Fisika Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Eksperimen dan Metode Proyek Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa

  • Indica Yona Okyranida Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Problem Based Learning (PBL), metode eksperimen, metode proyek, kemampuan berpikir abstrak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan interaksi penggunaan model Problem Based Learning (PBL), metode eksperimen, metode proyek, kemampuan berpikir abstrak  terhadap hasil  belajar. Desain penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Madiun kelas VIII. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling, sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B. Kelas VIII A diberi pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) menggunakan metode eksperimen, sedangkan VIII B diberi pembelajaran  Problem Based Learning (PBL) dengan metode proyek. Data hasil belajar kognitif, kemampuan berpikir abstrak dan  kemampuan berpikir kreatif  diambil menggunakan instrumen tes,  sedangkan data hasil belajar afektif dan  psikomotor  menggunakan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan analisis variansi anava dua jalan dan dilanjutkan dengan uji Compare Means. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak terdapat pengaruh pembelajaran fisika Problem Based Learning (PBL) menggunakan metode eksperimen dan proyek terhadap hasil belajar; 2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir abstrak terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotor, namun tidak terdapat pengaruh terhadap hasil belajar afektif; 3)  tidak terdapat interaksi pembelajaran fisika Problem Based Learning (PBL) mengunakan metode eksperimen dan proyek dengan kemampuan berpikir abstrak terhadap hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, Jamal Ma'ruf. (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.

Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi Keenam. Terjemahan oleh Satrio Wahono. 2012. Jakarta: PT. Indeks.

Hayat, B. (2010). Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumawati, D. (2013). Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi Ditijau dari Interaksi Sosial dan Sikap Ilmiah Siswa. Tesis Magister Pendidikan Sains UNS. Surakarta.

Selcuk, Caliskan & Mahmed. (2013). A Comparison Of Achievement In Problem-Based, Strategic And Traditional Learning Classes In Physics. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. Volume: 4 Issue: 1 Article: 14 ISSN 1309-6249. 154-164.SN 1309-62A

Sudarisman, S. (2010). Membangun Karakter Peserta Didik melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Ketrampilan Proses. Pendidikan Fisika F. MIPA UNS. Proceeding Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi FKIP UNS. ISBN 978-979-1533-85-0.

Yuniyanti, Indah Dwi. (2012). Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul dan E – Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Tesis Magister Pendidikan Sains UNS. Surakarta.
Published
2017-11-01
How to Cite
Okyranida, I. (2017). Pembelajaran Fisika Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Eksperimen dan Metode Proyek Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 57 - 64. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.113