Pengaruh Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis Perangkat Lunak Modellus

  • Ayu Lusiyana STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Saifur Rohim MA Nurul Huda Sukaraja
  • Fatkhur Rohman STKIP Nurul Huda Sukaraja
Keywords: Open-Ended, Berpikir Kreatif, Perangkat Lunak Modellus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diberikannya pendekatan open-ended terhadap kemampuan siswa berpikir kreatif pada mata pelajaran fisika yang menggunakan perangkat lunak Modellus dalam pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian quasi experiment didapat hasil penelitian: (1) pendekatan open-ended berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar dari aspek afektif dan kognitif yang signifikan antara pretest dengan posttest pada kelas eksperimen, dan peningkatan yang tidak begitu besar pada kelas kontrol. (2) Uji statistik dengan N-Gain memperlihatkan dari 25 siswa, untuk kategori sangat tinggi terdapat 4 siswa pada kelas eksperimen, namun tidak ada satu siswapun pada kelas kontrol, untuk kategori sedang terdapat 12 siswa pada kelas eksperimen dan 7 siswa pada kelas kontrol, serta untuk kategori sangat rendah tidak ada satu siswapun di kelas eksperimen dan 3 siswa pada kelas kontrol (3) Uji statistik dengan uji t dua pihak menghasilkan thitung lebih besar dari ttabel (4,723 >2,011), dan - thitung lebih kecil dari -ttabel (-,723 < -2,011).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ain, Trise Nurul. (2013). Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 02 No 02. 97 – 102.

Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arvina Yulindar , Johar Maknun dan Muslim. (2017). Penggunaan Instrumen Tes Fisika Berbasis Open-Ended Question Sebagai Sarana Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika Vol.2 No.1 ISSN: 2338-1027, 80-85.

Fiki Silvia, Risnita, dan Syaiful. (2015). Pengembangan Rubrik Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Attaufiq Jambi. Edu-Sains Volume 4 No .1 , 10-20.

Fitriani. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Problem Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 5 Mariso Makassar Tahun 2013-2014. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 2 Nomor 1 ISSN: 2302-8939, 63-68.

Hayat, Muhammad Syaipul, Sri Anggraeni dan Sri Redjeki. (2011). Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Konsep Invertebrata untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Bioma, Vol.1 ,No. 2. 141-152.

Lambertus, La Arapu, dan Tandri Patih. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 Nomor 1, 73-82.Fiki

Maitree Inprasitha. (2006). Open-Ended Approach and Teacher Education. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics. Vol.25, 169-177.

Nenden Faridah, Isrok’atun dan Ani Nur Aeni. (2016). Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1. 1061-1070.

Ninomiya Hiro and Pusri Panpiti. (2015). The Study of Open-ended Approach in Mathematics Teaching Using Jigsaw Method: A Case Study of the Water Beaker Problem. 埼玉大学紀要 教育学部,64(2):11 - 22.

Nurul Budiarti. (2015). Efektivitas Metode Diskusi Dengan Pendekatan Open-Ended Questions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tegal. JRKPF UAD Vol.2 No.1 April 2015, 29-32.

Ormroad, Jeanne Ellis. (2009). Psikologi Pendidikan; Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 1 Edisi 6. Jakarta: Erlangga.

Santrock, John. W. (2008). Psikologi pendidikan; Educational Psychology. Jakarta: Kencana.

Shimada, Shigeru and Becker, Jerry P. (1997). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Sugiyono. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Teodoro, Vitor Duarte. (2002). Modellus: Learning Physics with Mathematical Modelling. Lisboa: Faculdade de Ciências e Tecnologia Universidade Nova de Lisboa.

Vivian Mo Yin Cheng. (2004). Developing Physics Learning Activities for Fostering Student Creativity in Hong Kong Context. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, Volume 5, Issue 2, Article 1, 1-33.

Yusuf, A. Muri. (2005). Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penyelidikan Ilmiah). Padang: UNP Press.

Yusuf, A. Muri. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Published
2017-11-01
How to Cite
Lusiyana, A., Rohim, S., & Rohman, F. (2017, November 1). Pengaruh Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis Perangkat Lunak Modellus. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 65 - 74. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.116
Section
Articles

Article Metrics

Abstract view : 67 times