Hubungan Antara Adversity Quotient dan Self Efficacy dengan Menggunakan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA

Authors

  • Dian Sandi Pratama Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Imas Ratna Ermawaty Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Tri Isti Hartini Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.117

Keywords:

Adversity Quotient, Self Efficacy, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Adversity Quotient dengan Hasil Belajar fisika siswa SMA, mengetahui hubungan antara Self Efficacy dengan Hasil Belajar fisika siswa SMA, serta mengetahui hubungan antara Adversity Quotient dan Self Efficacy dengan hasil belajar fisika siswa SMA. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier Y atas X1 diperoleh = 33,797 + 0,5505ð‘‹Dari hasil perhitungan ANAVA didapat Fhitung = 0,117 < Ftabel = 2,28. Hasil perhitungan regresi linier Y atas X2 diperoleh = 30,061 + 0,5965ð‘‹ dan hasil perhitungan ANAVA didapat Fhitung = 0,4681 < Ftabel = 2,28. Sedangkan hasil perhitungan regresi linier Y atas X1 dan X2 diperoleh = 43,52 + (0,996 ð‘‹1) + (0,586 ð‘‹2) dan koefisien korelasi ganda Fh = 14,076 > Ft (0,05 : 2/31) = 3,32. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi ganda dan korelasi parsial didapat analisis korelasi Y atas X1 adalah thitung> ttabel yaitu 6,108 > 2,042 yang berarti Ha diterima. Analisis korelasi Y atas X2 didapat thitung> ttabel yaitu 10,870 > 2,042 yang berarti Ha diterima, sedangkan analisis korelasi Y atas X1 dan X2 diperoleh Fhitung = 14,076 > Ftabel = 3,32 yang berarti Ha diterima. Koefisien korelasi parsial  X1 dan Y jika X2 dikontrol diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,640 > 2,042 yang berarti Ha diterima, sedangkan koefisien korelasi parsial X2 dan Y jika X1 dikontrol diperoleh thitung> ttabel yaitu 6,582 > 2,042 yang berarti Ha diterima. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Adversity Quotient dan Self Efficacy dengan Hasil Belajar fisika siswa SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A., & Self-efficacy In, V. S. (1994). Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of Human Behavior, 4, 71-81. Academic Press. New York., (Reprinted in H. Friedman[Ed.], Encyclopedia of mental health. San Diego. Academic Press. (1998).

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Robert, A. B., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial Edisi kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Shen, C. Y. (2014). A Study Investigating the Influence of Demographic Variables on Adversity Quotient. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 10(1), 22-32.

Shivaranjani. .(2014). Adversity Quotient: One Stop Solution to Combat Attrition Rate of Women in Indian it Sector. International Journal of Business and Administration Research Review, 1(5), 182-189

Stoltz, P. G. (2005). Adversity Quotient (Alih Bahasa: T. Hermaya). Grasindo. Jakarta.

Downloads

Published

2017-11-01

How to Cite

Pratama, D. S., Ermawaty, I. R., & Hartini, T. I. (2017). Hubungan Antara Adversity Quotient dan Self Efficacy dengan Menggunakan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 88–93. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.117
Abstract Views: 2297 | File Views: 1748