Penerapan Metode Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Materi Optik

  • Fatkhur Rohman Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda
  • Siti Kotimah Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda
  • Ayu Lusiyana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda
Keywords: Metode Quantum Teaching, Hasil Belajar Siswa, Optik

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada materi optik di MTs Nurul Huda. Penelitian ini dilatar belakangi dari tidak maksimalnya siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena siswa sering kali hanya bermain dan bergurau bersama teman-temannya, tidak begitu mendengarkan penjelasan dari guru di depan kelas. Setelah mengkaji dari beberapa literatur, penulis menemukan bahwa metode pengajaran yang tepat dengan hal tersebut adalah metode quantum teaching.Dengan Memanfaatkan pola perilaku siswa dan mengatur atau mendesain lingkungan serta suasana belajar menjadi menyenangkan bahkan terkesan bermain-main namun sebenarnya serius, diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi optik di kelas VIII1 MTs Nurul Huda. Hasil belajar pada penelitian ini adalah hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Peningkatan nilai rata-rata kognitif pada siklus I dari 70,43 menjadi 80,43. Ketuntasan klasikal mengalami peningkatan dari 61% menjadi 87%. Nilai rata-rata afektif siswa dalam hal minat meningkat dari siklus I sebesar 68% menjadi 85% pada siklus II. Nilai rata-rata psikomotorik siklus I sebesar 70% meningkat pada siklus II menjadi 84%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DePorter, Bobby. Reardon, Mark. Nourie, Sarah Singer. 2004. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas terjemahan dari Quantum Teaching: Orchestrating Student Success oleh Ary Nilandari. Edisi 1 cetakan ke 15. Bandung: Kaifa.

DePorter, Bobby dan Hernacki Mike. 2006. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan terjemahan dari Quantum Learning: Unleashing the Genius In You oleh Alwiyah Abdurrahman. Edisi 1 cetakan ke 23. Bandung: Kaifa.

Dimyati &Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fuchan, Arif. 1982. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Laili Farihah. 2005. Model Pembelajaran Tipe STAD Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Prosesnya Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran Semarang Tahun 2005/2006. Jurusan Fisika: UNNES.

Mudjijo. (1995). Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyani, Sri. (2006). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Quantum Teaching Pada Sub Poko Bahasan Kalor Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi Publikasi. Semarang: Fisika FMIPA UNNES.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nana Sudjana. (2001). Penilaian Pencapaian Kompetensi Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soepeno, Bambang. (1997). Statistik Terapan; dalam Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana & R. Ibrahim.(1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, K. (2003). Strategi Pembelajaran Fisika. rev. Ed. Malang: JICA
Published
2017-04-25
How to Cite
Rohman, F., Kotimah, S., & Lusiyana, A. (2017). Penerapan Metode Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Materi Optik. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(1), 14-22. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i1.37