Pembelajaran Fisika Dengan Metode Mindmapping Menggunakan Mindmeister Pada Materi Rangkaian Arus Searah

  • Dewi Dewantara Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: mind mapping, mindmeister

Abstract

This article aims to describe the improvement of student learning outcomes in direct current circuit material after applying learning with mind mapping methods using the mindmeister application. The type of this research is pre-experiment with one group pretest posttest design method. The number of research samples was 15 students. The data collection technique used was the pre-test and post-test. Data were analyzed using the N-Gain test and paired t-test. The N-gain results obtained a value of 0.59 which means that the increase is in the medium category. The results of the t-test analysis obtained the value t = -6,650 with sig (2-tailed) = 0,000 which is smaller than the significance level of 0.05. The conclusion from the results of this study is that there is an increase in student learning outcomes in direct current circuit material after applying Learning with the mind mapping method using mindmeister.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Caverly, D. C. (2013). Techtalk: Mobile learning and literacy development. Journal of Developmental Education, 37(1).

Choiroh, A. N. L., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom menggunakan metode mind mapping terhadap prestasi dan kemandirian belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1–5.

Hairani, Dasna, I. W., & Koeshandayanto, S. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar IPA siswa SMP Kelas VII pada pengetahuan awal berbeda. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 154–165. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/10166

Hasanah, N. N., Supeno, & Wahyuni, S. (2015). Kekuatan retensi siswa SMA kelas X dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan momentum dan impuls menggunakan lembar kerja siswa berbasis mind mapping. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 2(1), 25–32. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jpps/article/view/6410

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Jariyah, A., & Harahap, M. B. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan mind map. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 6(1), 1–6. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i1.9400

Mas’adah, & Supriyono. (2014). Implementasi pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan teknik mind mapping pada materi elastisitas kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2), 149–153. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/8085

Pebriayani, H., Arsyad, M., & Khaeruddin. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIIIA SMPN 33 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika-Journal of Physics Education, 1(2), 169–179. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/200

Putri, M. P., & Supardi, Z. A. I. (2015). Penerapan strategi mind mapping pada materi pemanasan global terhadap pemahaman konsep siswa SMA kelas XI. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 4(2), 129–132. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/12314

Putri, W. R., Masril, & Gusnedi. (2017). Pengaruh penggunaan LKPD berbasis mind map pada pembelajaran berbasis masalah terhadap pencapaian kompetensi fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Padang pada materi teori kinetik gas dan pemanasan global Mahasiswa. Pillar Of Physics Education, 10, 169–176. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/2573

Resti, V. D. A. (2015). Analisis Kreativitas Mahasiswa Dalam Penyusunan Peta Konsep Berbentuk E-Mind Map Berdasarkan Kajian Neurosains. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 128–134. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/277

Rianita, R., & Juliani, R. (2017). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mind map untuk hasil belajar fisika siswa di SMA Negeri 3 Binjai. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(4), 51–56. https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9221

Riswanto, H., & Dasmo. (2015). Upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan metode pembelajaran mind map. Jurnal Formatif, 5(2), 100–106. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/330

Suwaningsih, N., Pasaribu, M., & Darsikin. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbasis Mind Maping terhadap Hasil Belajar Fisika pada Pokok Bahasan Cahaya di SMP Negeri 18 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 5(2), 19-24. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/8405

Tucker, J. M., Armstrong, G. R., & Massad, V. J. (2010). Profiling a Mind Map User: A Descriptive Appraisal. Journal of Instructional Pedagogies, 2.

Ulya, A., Santoso, S., & Hamidi, N. (2015). Peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode peta pikiran pada pembelajaran dasar-dasar perbankan. Jurnal “Tata Arta” UNS, 1(3), 332–342.

Windura, S. (2013). 1st Mind Map Untuk Siswa, Guru, dan Orang Tua. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Published
2019-05-26
How to Cite
Dewantara, D. (2019). Pembelajaran Fisika Dengan Metode Mindmapping Menggunakan Mindmeister Pada Materi Rangkaian Arus Searah. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(1), 15-19. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i1.426