Pengaruh Pemberian Tugas Mandiri Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Fisika Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda

Authors

  • Siti Anisatur Rofiqah Prodi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda
  • Erwin Erwin Prodi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda
  • Wahid Gunarto Prodi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i1.43

Keywords:

hasil belajar, tugas mandiri terstruktur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang telah diberi tugas mandiri struktur. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Huda tahun pembelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen. Data tes hasil belajar diperoleh dengan pemberian tugas mandiri terstruktur. Perhitungan statistik uji Z yang  digunakan untuk uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan taraf signifikan (α=5%) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pebedaan hasil belajar siswa yang diberi tugas mandiri terstruktur dengan yang tidak diberi tugas mandiri terstruktur dengan  hasil perhitungan diperoleh nilai Zhit= 4,01 tidak terletak antara -1,96 dan 1,96 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Skor hasil belajar fisika dengan menggunakan metode pemberian tugas mandiri terstruktur lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak diberikan tugas mandiri terstruktur yaitu rata-rata nilai kelas eksperimen 73,69, varians 122,59 dan standar deviasi 11,07. Sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol 63,90, varians 74,34 dan standar deviasi 8,62.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, J.J&Moedjiono. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: ROSDA.

Roestiani NK. (2008). Strategi Belajar mengajar. Jakarta:Rineka Cipta. Pp 132.

Sudjana, N., Ibrahim. (2009). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Downloads

Published

2017-05-01

How to Cite

Rofiqah, S. A., Erwin, E., & Gunarto, W. (2017). Pengaruh Pemberian Tugas Mandiri Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Fisika Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(1), 37–40. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i1.43
Abstract Views: 2262 | File Views: 1537