Pengembangan E-UKBM Dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik

  • Gilang Pratiwi Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Raden Wakhid Akhdinirwanto Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

The Self-Study Activity Unit Electronic (E-UKBM) is a small learning unit that orderly arranged from easy to difficult level based on e-learning using kvisoft flipbook maker application as the development of teaching material through interactive teaching media to improve students problem solving skill. E-UKBM has the characteristic of learning tool to achieve competency of knowledge and skill on teaching process using Sistem Kredit Semester (SKS). The aim of the use of E-UKBM is to improve students problem solving ability. This type of research develops the result of Plomp’s research design model, (1) Preliminary Investigation, (2) Design, (3) Realization/Contruction, (4) Tes, Evaluation, and Revision, (5) Implementation. The sample of this research is students of X MIA 3 SMA N 1 Purworejo. This data analysis was done by using the validity and reliability test, the problem solving ability test using the pre-test and post-test. The result of this study indicate that E-UKBM is valid, practical, and effective so that it is feasible to improve students problem solving ability.

Keywords: E-UKBM, Problem Solving Ability, Kvisoft Flipbook Maker

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhdinirwanto, R. W. (2018). Model Problem-Based Learning with Argumentation (PBLA) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. (Disertasi, tidak diterbitkan). Surabaya: PPS Unesa

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Baharuddin, B., Indana, S., & Koestiari, T. (2017). Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbentukan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 83-93.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pemelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2).

Fikriyah, M., & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Fisika Di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2).

Hanifa, F. H., Wulandari, A., & Sastika, W. (2019). Direct Rating Method Untuk Mengukur Efektifitas Iklan Melalui Media Televisi (Studi Pada Iklan The Pucuk Harum). Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(2), 5.

Hamzah, N. L. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ifrianti, S., & Emilia, Y. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III MIN 10 Bandar Lampung. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 22-42.

Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Student in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17-21.

Kemendikbud. (2016). Tujuan Pembelajaran Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemendikbud.

Khoiriah, M., & Kholiq, A. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbantuan E-Book Literasi Sains pada Materi Fluida Dinamis. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1).

Kurniawati, U. L. (2019). Efektivitas Pelaksanaan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) pada Pembelajaran Matematika di Kabupaten Sidoarjo. (Doctoral Dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Latifah, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43-51.

Nurhidayati, N. (2019). Deskripsi Analisis Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Sebagai Penguatan Regulasi Diri Mahasiswa.

Nurjannati, N., Rahmad, M., & Irianti, M. (2017). Pengembagan E-Modul Berbasis Literasi Sains pada Materi Radasi Elektromagnetik (Doctoral Dissertation, Riau University).

Purwanto, D. (2013). Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP Kelas VII. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 1(01).

Putra, S. R. (2013). Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Yogyakarta: DIVA

Rachmayanti, N., & Kuswanti, N. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Hybrid Learning pada Submateri Sistem Saraf Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA. Bioedu, 8(1).

Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(1), 27-33.

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Melalui Pembelajaran Problem Solving pada Topik Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 52-62.

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 264-271.

Sopia, N., Sugiatno, S., & Hartoyo, A. (2019). Pengembangan Pemahaman Konseptual dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving di SMA. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11-20.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147-156.

Widiana, I. W. (2016). E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Statistik Inferensial. Prosiding Semnas Hasil Penelitian.

Willyanto, W., Prasetijo, A. B., & Soemantri, M. (2011). Perancangan Aplikasi E-Education Berbasis Web Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP (Doctoral dissertation, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip).

Published
2020-11-28
How to Cite
Pratiwi, G., Akhdinirwanto, R., & Nurhidayati, N. (2020). Pengembangan E-UKBM Dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(2), 46-55. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i2.697