JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI <p style="text-align: justify;"><strong><em>JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah</em></strong> is a scientific journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Physics Education Innovation and Scientific Research in the field of physics. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah (JIPFRI) is a journal published by Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda. JIPFRI began to appear in May 2017 that is VOL 1 NO 1 the year 2017, with and periodically published twice per year in May and November. JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah has <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1488936372&amp;1&amp;&amp;" rel="noopener"><strong>E-ISSN 2549-9076</strong></a>, and <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1488785213&amp;1&amp;&amp;" rel="noopener"><strong>P-ISSN 2549-905X</strong></a> with SK ISSN - 0005.2549905X/JI.3.1/SK.ISSN/2017.03 (March 14, 2017).</p> <div class="description"> <p><strong>Indexed by:&nbsp;</strong>Google Scholar,&nbsp;OneSearch, PKP|Index, Moraref, Neliti, Base,&nbsp;DRJI</p> </div> en-US jipfri@stkipnurulhuda.ac.id (JIPFRI) thohaf@stkipnurulhuda.ac.id (Thoha Firdaus, M.Pd.Si) Sun, 05 Nov 2017 00:00:00 +0700 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerapan Lesson Study pada Pembelajaran Fisika Materi Perubahan Wujud Zat http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/123 <p>Proses kegiatan pembelajaran merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan prestasi belajar yang akan dicapai siswa. Oleh karena itu guru harus mampu memlah dan memilih serta menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, karakteristik siswa dalam proses pembelajaran serta tujuan pembelajaran. Penerapan suatu pendekatan pembelajaran yang sesuai diasumsikan dapat mempengaruhi prestasi belajar fisika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan <em>lesson study </em>&nbsp;terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MA Al Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung pada Materi perubahan wujud zat Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MA Al Ikhlas Pemetung Basuki&nbsp; yang terdiri dari tiga kelas. Diambil dua kelas sebagai sampel dengan teknik <em>cluster sampling</em> yaitu kelas X.1 sebagai kelas kontrol dan kelas X.3 sebagai kelas eksperimen. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan &nbsp;&nbsp;&nbsp;<em>lesson study</em> dan pada kelas kontrol menggunakan &nbsp;&nbsp;<em>konvensional</em>. Teknik pengumpulan data mengunakan&nbsp; tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji dua pihak dengan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh skor rata-rata pada kelas eksperimen adalah 81,95 kelas kontrol adalah 71,17. Dari pengujian hipotesis diperoleh harga t<sub> hitung</sub> = 4,607 dengan harga t<sub> tabel</sub> = 1,998, menunjukkan bahwa harga t<sub> hitung</sub> tidak berada pada daerah penerimaan H<sub>0</sub> penerimaan H<sub>0 </sub>(antara - t <sub>tabel</sub> = - 1,998&nbsp; sampai dengan t<sub> tabel</sub> = 1,998) maka H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh penerapan <em>lesson study</em> yang signifikan terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MA Al Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka&nbsp; Peliung pada materi perubahan wujud zat&nbsp; Tahun Pelajaran 2017/2018.</p> Ernawati Ernawati, Effendi Effendi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/123 Wed, 01 Nov 2017 00:00:00 +0700 Pengembangan Modul Praktikum Mandiri Sebagai Asesmen Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Sosial Mahasiswa http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/115 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pengembangan modul praktikum mandiri yang digunakan sebagai asesmen keterampilan proses sains dan keterampilan sosial mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda Sukaraja semester 2 Tahun Akademik 2017/2018 berjumlah 19 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian (<em>research and development</em>), adapun model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Metode pengumpulan data penelitian dengan kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul praktikum mandiri yang dihasilkan secara keseluruhan dari penilaian aspek kelayakan isi, kebahasaan, kegrafikan, kemanfaatan produk, dan keterlaksanaan pratikum diperoleh nilai rata-rata skor total 3,65 dari penilaian teman sejawat, dan nilai rata-rata skor total 3,64 penilaian dari responden pengguna. Nilai tersebut mengindikasikan modul yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses perkuliahan. Hasil asesmen keterampilan proses sains mahasiswa diperoleh nilai rerata total 3,19 yang mengindikasikan baik, sedangkan didapatkan nilai rerata total 3,53 dengan indikasi sangat baik pada penilaian keterampilan sosial mahasiswa.</p> Fatkhur Rohman, Ayu Lusiyana ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/115 Wed, 01 Nov 2017 00:00:00 +0700 Pembelajaran Fisika Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Eksperimen dan Metode Proyek Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/113 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan interaksi penggunaan model <em>Problem Based Learning (PBL)</em>, metode eksperimen, metode proyek, kemampuan berpikir abstrak&nbsp; terhadap hasil&nbsp; belajar. Desain penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Madiun kelas VIII. Sampel diambil dengan teknik <em>Cluster Random Sampling</em>, sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B. Kelas VIII A diberi pembelajaran dengan <em>Problem Based Learning (PBL) </em>menggunakan metode eksperimen, sedangkan VIII B diberi pembelajaran&nbsp; <em>Problem Based Learning (PBL)</em> dengan metode proyek. Data hasil belajar kognitif, kemampuan berpikir abstrak dan &nbsp;kemampuan berpikir kreatif&nbsp; diambil menggunakan instrumen tes, &nbsp;sedangkan data hasil belajar afektif dan&nbsp; psikomotor &nbsp;menggunakan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan analisis variansi anava dua jalan dan dilanjutkan dengan uji <em>Compare Means. </em>Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak terdapat pengaruh pembelajaran fisika <em>Problem Based Learning (PBL)</em> menggunakan metode eksperimen dan proyek terhadap hasil belajar; 2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir abstrak terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotor, namun tidak terdapat pengaruh terhadap hasil belajar afektif; 3) &nbsp;tidak terdapat interaksi pembelajaran fisika <em>Problem Based Learning (PBL)</em> mengunakan metode eksperimen dan proyek dengan kemampuan berpikir abstrak terhadap hasil belajar.</p> Indica Yona Okyranida ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/113 Wed, 01 Nov 2017 00:00:00 +0700 Pengaruh Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis Perangkat Lunak Modellus http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/116 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diberikannya pendekatan <em>open-ended</em> terhadap kemampuan siswa berpikir kreatif pada mata pelajaran fisika yang menggunakan perangkat lunak Modellus dalam pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian <em>quasi experiment</em> didapat hasil penelitian: (1) pendekatan <em>open-ended</em> berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar dari aspek afektif dan kognitif yang signifikan antara <em>pretest</em> dengan <em>posttest</em> pada kelas eksperimen, dan peningkatan yang tidak begitu besar pada kelas kontrol. (2) Uji statistik dengan N-Gain memperlihatkan dari 25 siswa, untuk kategori sangat tinggi terdapat 4 siswa pada kelas eksperimen, namun tidak ada satu siswapun pada kelas kontrol, untuk kategori sedang terdapat 12 siswa pada kelas eksperimen dan 7 siswa pada kelas kontrol, serta untuk kategori sangat rendah tidak ada satu siswapun di kelas eksperimen dan 3 siswa pada kelas kontrol (3) Uji statistik dengan uji <em>t</em> dua pihak menghasilkan <em>t</em><sub>hitung</sub> lebih besar dari <em>t</em><sub>tabel</sub> (4,723 &gt;2,011), dan - <em>t</em><sub>hitung</sub> lebih kecil dari -<em>t</em><sub>tabel</sub> (-,723 &lt; -2,011).</p> Ayu Lusiyana, Saifur Rohim, Fatkhur Rohman ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/116 Wed, 01 Nov 2017 00:00:00 +0700 Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/109 <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan evaluasi model CIPP (<em>Contexs, Input, Prosess, Product</em>), mengetahui hasil belajar siswa pada bidang studi IPA dan mengetahui keefektifan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan evaluasi model CIPP di SMP IT Raudlatul Jannah. Penentuan keefektifan suatu proses pembelajaran dilihat dari seberapa besar tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pada awal pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model&nbsp;CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen konteks, input, proses dan produk untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif. Sumber data penelitian adalah Guru IPA, wakil bidang kurikulum, serta Kepsek yang berada di SMP IT Raudlatul Jannah. Pengumpulan data primer menggunakan instrumen observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Data hasil observasi yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif sedangkan data hasil dokumentasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi persyaratan pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran dinyatakan cukup efektif.</p> Yoga Budi Bhakti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/109 Wed, 01 Nov 2017 00:00:00 +0700 Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Pokok Bahasan Fluida http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/114 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains fisika siswa setelah diterapkan model pembelajaran <em>Children Learning In Science (CLIS)</em> berbantuan multimedia pada pokok bahasan fluida statis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian <em>randomized control</em><em> group Pretest-Potstest design</em><em>.</em> populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di salah satu SMA di Kabupaten Bekasi sedangkan sampel dari penelitian ini adalah di pilih dua kelas kelas XI dari keseluruhan populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains setelah diterapkan model pembelajaran <em>Children Learning In Science (CLIS)</em> berbantuan multimedia meningkat secara signifikan dilihat dari nilai gainnya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain keterampilan proses sains 57%&nbsp; untuk kelas eksperimen dan 49%&nbsp; untuk kelas kontrol,Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>Children Learning In Science (CLIS)</em> berbantuan multimedia dapat lebih meningkatkan keterampilan proses sains di bandingkan dengan pembelajaran konvensional berbantuan multimedia.</p> Ali Ismail ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/114 Wed, 01 Nov 2017 00:00:00 +0700 Hubungan Antara Adversity Quotient dan Self Efficacy dengan Menggunakan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/117 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara <em>Adversity</em> <em>Quotient </em>dengan Hasil Belajar fisika siswa SMA, mengetahui hubungan antara <em>Self Efficacy </em>dengan Hasil Belajar fisika siswa SMA, serta mengetahui hubungan antara <em>Adversity</em> <em>Quotient </em>dan <em>Self Efficacy</em> dengan hasil belajar fisika siswa SMA. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier Y atas X<sub>1</sub> diperoleh = 33,797 + 0,5505𝑋Dari hasil perhitungan ANAVA didapat F<sub>hitung</sub> = 0,117 &lt; F<sub>tabel</sub> = 2,28. Hasil perhitungan regresi linier Y atas X<sub>2</sub> diperoleh = 30,061 + 0,5965𝑋 dan hasil perhitungan ANAVA didapat F<sub>hitung</sub> = 0,4681 &lt; F<sub>tabel</sub> = 2,28. Sedangkan hasil perhitungan regresi linier Y atas X<sub>1</sub> dan X<sub>2</sub> diperoleh = 43,52 + (0,996 𝑋<sub>1</sub>) + (0,586 𝑋<sub>2</sub>) dan koefisien korelasi ganda F<sub>h</sub> = 14,076 &gt; F<sub>t</sub> (0,05 : 2/31) = 3,32. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi ganda dan korelasi parsial didapat analisis korelasi Y atas X<sub>1</sub> adalah t<sub>hitung</sub>&gt; t<sub>tabel</sub> yaitu 6,108 &gt; 2,042 yang berarti Ha diterima. Analisis korelasi Y atas X<sub>2</sub> didapat t<sub>hitung</sub>&gt; t<sub>tabel</sub> yaitu 10,870 &gt; 2,042 yang berarti Ha diterima, sedangkan analisis korelasi Y atas X<sub>1</sub> dan X<sub>2</sub> diperoleh F<sub>hitung</sub> = 14,076 &gt; F<sub>tabel</sub> = 3,32 yang berarti Ha diterima. Koefisien korelasi parsial&nbsp; X<sub>1</sub> dan Y jika X<sub>2</sub> dikontrol diperoleh t<sub>hitung</sub>&gt; t<sub>tabel</sub> yaitu 2,640 &gt; 2,042 yang berarti Ha diterima, sedangkan koefisien korelasi parsial X<sub>2</sub> dan Y jika X<sub>1</sub> dikontrol diperoleh t<sub>hitung</sub>&gt; t<sub>tabel</sub> yaitu 6,582 &gt; 2,042 yang berarti Ha diterima. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara <em>Adversity</em> <em>Quotient</em> dan <em>Self Efficacy </em>dengan Hasil Belajar fisika siswa SMA.</p> Dian Sandi Pratama, Imas Ratna Ermawaty, Tri Isti Hartini ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/117 Wed, 01 Nov 2017 00:00:00 +0700