Pengaruh Persepsi Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMK Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan Lampung Indonesia

Authors

  • Wawan Saputra Universitas Muhammadiyah Metro
  • M Ihsan Decholfany Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v8i1.1080

Keywords:

Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Manajerial kepala sekolah dapat ditunjukkan dalam pelaksanaan pengelolaan atau manajerial yang diterapkan di sebuah lembaga pendidikan, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, 2) pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap kinerja guru SMK Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, 3) pengaruh persepsi manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama terhadap kinerja guru sekolah SMK Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru SMK Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung yaitu sebesar 57,0%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allyn and Bacon. 1991. Curriculum Planning A New Approach. Needham Heights. Massachusetts.

Dacholfany, M. Ihsan. 2017. Inisiasi Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Islami Di Indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasi, Volume 1. Http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/at-tajdid/article/view/330. Universitas Muhammadiyah Metro. Diakses: 5 Juni 2020.

Newell, S. dan Meadow. 2007. Lecture Notes Pediatrika Edisi 7 (Terjemahan: Kripti Hartini & Asri Dwi). Erlangga. Jakarta.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)

Sabardi, Agus 2011. Manajemen Pengantar. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Simanjuntak. 2010. Menuju Guru Profesional dan Beretika. Jogjakarta: Graha.

Supardi. 2016. Kinerja Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiono, 2016, Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Afabeta , Bandung.

Downloads

Published

2021-02-02

How to Cite

Saputra, W., & Decholfany, M. I. (2021). Pengaruh Persepsi Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMK Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan Lampung Indonesia. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 07–12. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i1.1080
Abstract Views: 499 | File Views: 594