Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Yang Terkandung Pada Novel Dalam Mihrab Cinta (Karya) Habiburrahman El-Shirazy
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v7i1.1082Keywords:
Nilai-nilai, Pendidikan Akhlaq, NovelAbstract
Akhlak merupakan refleksi dari kebersihan jiwa dan budi pekerti seorang manusia, cermin dari pemahaman dan implementasi ketaatan manusia terhadap nilai-nilai agama, sehingga dibutuhkan pendidikan akhlak bagi anak sejak usia dini. Dalam proses pendidikan, dibutuhkan strategi dan metode yang menarik dengan media yang variatif, agar peserta didik lebih tertarik untuk mempelajari ilmu akhlak secara mendalam, sehingga berdampak pada perubahan perilaku menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah penggunaan novel sebagai media pembelajaran dalam konteks pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu Akhlak Allah dan Rasul-Nya, Akhlak terhadap orang tua, Akhlak terhadap diri sendiri dan akhlak terhadap sesama. Akhlak Allah dan Rasul-Nya, yakni meliputi, Syukur, Memuliakan Rasul, Sabar, Taubat, Ikhlas, Upaya Meningkatkan Ketakwaan dan Tawakkal. Akhlak terhadap orang tua mencakup dua hal, yaitu: Berkata Sopan kepada Orang Tua dan Menaati Perintah Orang Tua. Akhlak terhadap diri sendiri mencakup lima hal, yaitu: Semangat Menuntut Ilmu, Kejujuran, Kemandirian, Tanggung Jawab dan Bersikap Optimis. Akhlak terhadap sesama mencakup delapan hal, yaitu : Tolong menolong, Menepati Janji, Tawadhu, Saling menghormati, Berprasangka baik, Dermawan, Menebarkan salam dan Musyawarah. Ekspresi pengungkapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel yaitu meliputi metode kisah, metode pembiasaan, dan metode memberi nasihat
Downloads
References
El-Shirazy, Habiburrahaman. 2008. Ketika Cinta Bertasbih, Jakarta:Republika.
El-Shirazy, Habiburrahman. 2007. Dalam Mihrab Cinta, Semarang: Pesantren Basmala Indonesia.
El-Shirazy, Habiburrahman. 2007. Pudarnya Pesona Cleopatra, Jakarta:Republika.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jalaluddin. 2002. Teologi Pendidikan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.