Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa MA
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v8i1.1083Keywords:
Karakter Siswa, Kompetensi, Kepribadian GuruAbstract
Karakter merupakan nilai dasar yang membangun pribadi seseorang, terbentuk baik karena pengaruh hereditas maupun pengaruh lingkungan, yang membedakannya dengan orang lain, serta diwujudkan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Guru yang berkualitas harus memenuhi beberapa syarat kompetensi. Dalam penelitian ini penulis tertarik untuk menggunakan kompetensi kepribadian diantara empat kompetensi tersebut. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan meningkatkan Bagaimana Kompetensi kepribadian guru yang dapat membentuk karaktersiswa. Berdasarkan penelitian di lapangan peneliti menemukan bahwa karakter siswa sudah sangat bagus saat ini, melihat peserta didik melaksanakan kegiatan dengan tertib, bahkan dengan tenang. Kompetensi kepribadian guru PAI ini sudah cukup baik. Kepribadian guru Pendidikan Agama Islam akan berpengaruh terhadap karakter siswa. Hal ini ditandai dengan adanya indikator kepribadian guru Pendidikan Agama Islam yang meliputi: Mantap dan stabil, arif, berwibawa, dan teladan. Selain itu melakukan MGMP atau biasanya di sebut dengan (Musyawarah guru mata pelajaran) yang dilakukan oleh sekolah
Downloads
References
Anwar, Desi, (2012) Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amelia,
Arikunto, Suharsimi, (2012) Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dalyono, M, (2013) Psikologi Pendidikan, cet. 6. Jakarta: Rineka Cipta,
Djamarah, Syaiful Bahri, (2015) Guru Dan Anak Didik dalam interaksi edukatif, Jakarta:
Rineka Cipta,
Hamalik, Oemar, (2011), Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi,
Jakarta:PT. Bumi Aksara
Hawi, Akmal,(2013) Kompetensi Pendidikan Agama Islam, cet. 1, Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada,
Ihsan, Fuad, (2011) Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta,
Kompri,(2015) Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa, Bandung: Remaja
Rosdakarya,
Margono, S, (2012) Metode Penelitian Pendidikan, `Jakarta: PT. Rineka Cipta,
Martono, Nanang, (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
Nazir, Moh, (2014) Metode Penelitian, Bogor: Gralia Indonesia,
Pakasi, Soepartina, (2015) Anak dan Perkembangannya, Jakarta: Gramedia,
Poster, Cyril, (2013) Gerakan Menciptakan Sekolah Unggul, Jakarta: Lembaga Indonesia
Adidaya,
Ramayulis, (2011) Psikologi Agama, cet. 6. Jakarta: Kalam Mulia
Riduan, (2012) Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta
Slameto, (2013) Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta
Sodikin, A. (2019). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderat Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 76–86. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.641
Sudijono, Anas(2014) Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada
Sudjana, Nana, (2012) Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar BaruOffset
Sugiyono, (2009) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.