Isu-isu Pendidikan Islam di Madrasah

  • Anisa Usaleha STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Dinda Mulya Lestari STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Wulan Sari STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Marlina Marlina STKIP Nurul Huda Sukaraja

Abstract

Madrasah merupakan suatu lembaga yang memiliki peran besar dalam pendidikan Islam salah satunya pembentukan kepribadian, karakter serta akhlakul kharimah. Keadaan madrasah saat ini masih memprihatinkan, banyak masyarakat yang belum memiliki minat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah. Hal tersebut dikarenakan masih diragukannya pendidikan umum yang ada di madrasah serta kurangnya dukungan dari pemerintah. Semakin majunya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, secara sadar mau tidak mau madrasah harus menghadapi globalisasi. Kita akan menyadari bahwa keberadaan madrasah sangat dibutuhkan dalam membentuk insan yang memiliki fitrah muslim baik jasmani maupun rohani. Untuk itu masyarakat sangat mengharapkan madrasah mampu mencetak generasi penerus bangsa yang memiliki pengetahuan agama maupun ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang tinggi.

Keywords: Madrasah, Isu Pendidikan Islam, Era Globalisasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wiguna, A. (2015). Isu-isu kontemporer pendidikan Islam. Deepublish.

Tabrani, Z. A. (2014). Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan Islam Perspektif Pedagogik Kritis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(2), 250-270.

Hidayat, N. (2010). Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam Tentang Madrasah dan Tantangan Global. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1).

Subhan, A. (2012). Lembaga pendidikan Islam Indonesia: abad ke-20. Kencana.

Mustofa, A. Dkk. (2017). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung. Penerbit Manggu.
Published
2020-02-03
How to Cite
Usaleha, A., Lestari, D., Sari, W., & Marlina, M. (2020). Isu-isu Pendidikan Islam di Madrasah. Al-Iā€™tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 25-30. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1085