Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pelaksanaan Tahlilan Pada Majlis Ta’lim Baitur Rohman

Authors

  • Neti Suprihatin STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Suhartono Suhartono STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Sholeh Hasan STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v8i1.1087

Keywords:

Nilai Pendidikan Islam, Tahlilan, Majlis Ta'lim

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan penyelenggaraan tahlilan dan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam pelaksaanaan tahlilan pada Majlis Ta’lim. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga yang menetap didesa tersebut. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyusunan satuan dan kategorisasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, tahlilan dilaksanakan secara bersama-sama yang dipimpin oleh imam tahlil, diawali dengan membaca hadharah kepada Nabi, sahabat dan seterusnya. Kemudian pembacaan tahlil dan Al-Qur’an serta pembacaan do’a. Kedua, nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam pelaksanaan tahlilan terbagi menjadi tiga yaitu; 1. Nilai pendidikan aqidah dengan melakukan tahlilan, seseorang akan senantiasa mengingat dan menyebut ke-Esa-an Allah Subhanahu Wa Ta’ala serta shalawat kepada Rasul Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, 2. Nilai pendidikan akhlaq dengan melaksanakan tahlilan maka akan memunculkan sikap-sikap akhlaqul karimah sebagai aspek dari pendidikan akhlaq, 3. Nilai pendidikan ibadah dengan melaksanakan tahlilan seseorang telah melakukan ibadah karena poin-poin dari pelaksanaan tahlilan tersebut merupakan ibadah yang disyariatkan dalam Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Tarmidzi. 2004. Terjemahan Yasin Fadhilah. Tangerang: Al-Aras.

Abu Ahmadi dan Noor Salimi. 2004. Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Al Munawar, Said Agil Husia. 2005. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’an Dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: PT Ciputat Press.

Al-Quradhawi, Yusuf. 2005. Ibadah dalam Islam. Jakarta: Akbar.

Anwar, Chairul. 2014. Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: Suka Press.

Arief, Armai. 2002. Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Beni Ahmad Saebani dan Hendra Akhdiyat. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Daradjat, Zakiah. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daud Ali, Mohammad. 2008. Tangklungan Abangan dan Tarekat Kebangkitan Agama di Jawa. Jakarta: Grafindo.

Departemen Agama RI. 2010. Al-Quran dan terjemahanya. Bandung: Yayasan Penerjema Al-Qur’an.

El-Rinaldi, Abiza. 2012. Haramkah Tahlilan, Yasinan dan Kenduri Arwah?. Klaten: Pustaka Wasilah.

Rahman, Taufik.2013. Tauhid Ilmu Kalam. Bandung: Pustaka Setia.

Pakar, Sutejo Ibnu. 2015. Tradisi Amaliyah Warga NU. Diponegoro: CV. Aksarasatu.

Jalaluddin.2003. Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahman, Taufik. 2013. Pendidikan Profetik. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Jilid 11. Jakarta: Lentera Hati.

Downloads

Published

2021-02-04

How to Cite

Suprihatin, N., Suhartono, S., & Hasan, S. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pelaksanaan Tahlilan Pada Majlis Ta’lim Baitur Rohman. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 19–24. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i1.1087
Abstract Views: 1420 | File Views: 1238