Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dengan Tingkat Kesopanan Siswa di SMK Terpadu Takwa Belitang

Authors

  • Ista Febriana STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Suhartono Suhartono STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Romdloni Romdloni STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v8i1.1088

Keywords:

Kecerdasan, Spiritual, Tingkat Kesopanan

Abstract

Kesopanan di artikan sebagai adat sopan santun, tingkah laku (tutur kata) yang baik yang ditampakan oleh seseorang. Tinggi rendahnya kecerdasan spiritual seseorang mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan kemampuan tingkat moral kesopanan siswa.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat kecerdasan spiritual (SQ) dan kesopanan siswa di SMK Terpadu Takwa Belitang, (2) adakah hubungan antara kecerdasan spiritual (SQ) dengan tingkat kesipanan siswa di SMK Terpadu Takwa Belitang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin di ketahui, dalam menganalisis data menggunakan data-data numerikal atau angka yang di olah dengan statistik kemudian hasilnya dideskripsikan dengan menguraikan kesimpulan yang didasari oleh angka dengan metode statistic. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sampel dalam penelitian ini adalah siswa  kelas XI berjumlah 60 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan kesopanan siswa di SMK Terpadu Takwa Belitang. Dimana nilai korelasinya r sebesar 0,681,  Nilai koefisiensi korelasi tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Taraf signifikansi p = 0.000 (signifikansi, jika p < 0.05). serta sumbangan efektif (R2)  kecerdasan spiritual  dalam kesopanan yaitu sebesar  0,463 artinya 46,3%. Sedangkan sisanya adalah ( 53.7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang mempengaruhi kesopanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, M. Shomad. 2005. Mengasah SQ dengan Zikir. Jakarta: Pustaka Ikadi.

Abdullah, Abdul Ghani. 2007. Emotional Intelligence and Leadership Effectiviness of School Managers in Malaysia. Penang- Malaysia Educationist Journal. ISSN : 1907 - 8838

Amir, Yulmaida & Rini Lesmawati. 2016. Religius dan Spiritualitas: konsep yang sama atau berbeda?. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi : Kajian Empiris dan Non Empiris (JIPP) Vol 2 No 2

Aridona, Julia. 2017. Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Psikologi Ilmiah. UNNES ISSN 2086-0803

Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, Rahmat & Mangestuti, Retno. 2006. Tiga Jenis Kecerdasan dan Agresivitas Mahasiswa Universitas Islam Negeri Malang. Psikologika. Nomor 21 tahun XI Jan 2006

Departemen pendidikan nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa

Fiah, Rifda El. 2014. Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Implikasi Bimbingannya. Jurnal Bimbingan dan Konseling. P-ISSN 2089-9955

Hamdika, Fitra. 2018. Hubungan antara kecerdasan Spiritual dengan Kepribadian Siswa di SMA Nurul Iman Palembang. Skripsi tidak diterbitkan. UIN Raden Fatah Palembang

Hamid, Mohd. Azhar Abd. 2007. Panduan Meningkatkan Kecerdasan Emosi. Kuala Lumpur: Percetakan Zafar Sdn. Bhd.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kemendikbud.

Khavari, Khalil A. 2000. Spiritual Intelligence (A Pratictical Guide to Personal Happiness). Canada: White Mountain Publications

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Maria J. Wantah. 2005. Pengembangan Disiplin Dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Din.Jakarta: Departeen Pendidikan Nasional.

Muchtar, Heri Jauhari. 2008. Fikih Pendidikan. Bandung: Rosda.

Mujib, Abdul & Mudzakir, Jusuf. 2001. Nuansa-Nuansa Psikologi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Poerwadarminta W.J.S, 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Raharjo, Andreas Teguh. 2010. Hubungan antara multiple intelligence dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Malang. Jurnal Psikologi vol 5 no 2

Rasmun. 2004. Stress, Koping dan Adaptasi. Jakarta: CV Sagung Seto.

Rawa, Nurmala. 2018. Hubungan Tingkat Kecerdasan Spiritual dengan Perilaku Menyimpang Siswa Kelas VIII di MTs.Al-Washiliyah Tembung. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Islam NegeriP Sumatera Utara

Rita Purwati (Ed). 2011. Ringkasan Ihya’ Ulumuddin. Bandung: Sinar baru algesindo

Rus’an. 2013. Spiritual Quotient (SQ): The Ultimate Intelligence. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan : vol 16 no1

Shihab, M. Quraish. 2016. Yang Hilang dari Kita Akhlak. Tanggerang: Lentera Hati.

Shomad, M. Abdul. 2005. Mengasah SQ dengan Zikir. Jakarta: Pustaka Ikadi.

Sugiyono. 2010. Metodologi penelitian Pendidikan: Pendekatab Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Syafaruddin, et al. 2006. Metodologi Penelitian. Medan:FITK IAIN Sumatera utara

Downloads

Published

2021-02-04

How to Cite

Febriana, I., Suhartono, S., & Romdloni, R. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dengan Tingkat Kesopanan Siswa di SMK Terpadu Takwa Belitang. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 25–32. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i1.1088
Abstract Views: 780 | File Views: 718