Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Api Tauhid Karya Habiburrahman El-Shirazy dan Relevansinya terhadap Materi Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v8i1.1089Keywords:
Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Novel Api Tauhid, Habiburrahman El-ShirazyAbstract
Pendidikan Islam adalah suatu komponen inti dalam dunia pendidikan. Pendidikan didapat tidak hanya melalui sekolah formal saja. Pendidikan didapat dari mana saja. Salah satunya melalui karya sastra yang bermutu dan berkualitas yaitu novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran umum Novel Api Tauhid 2) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Api Tauhid. 3) Relevansi pendidikan Islam novel Api Tauhid terhadap Materi Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif analisi (descriptif of analyze research), sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan penelitian kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Novel Api Tauhid dapat memberikan inspirasi dalam banyak hal seperti menjawab dilemma hubungan agama dan negara, juga Islam dan modernitas. Novel yang dihasilkan oleh Habiburrahman El-Shirazy diakui sebagai novel pembangun jiwa yang syarat dengan pengajaran nilai-nilai pendidikan Islam 2) Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Api Tauhid, yaitu nilai pendidikan aqidah/keimanan, nilai pendidikan ibadah, nilai pendidikan akhlak. 3) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy terhadap materi Pendidikan Agama Islam ternyata mampu dijadikan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran yang dikemas dalam bentuk visual.
Downloads
References
Aminuddin. 1991. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru
Darajat, Zakiah. Falkultas Tarbiyah IAIN Walisongo. 1999. Metodologi Pengajaran Agama.Semarang: Pustaka Pelajar.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Islam. Bandung: Remaja rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2012. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta: Ombak.
Moleong, J Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Abudin Nata. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kharisma Putra Utam.
Muhammad Daud Ali. 2008. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja grafindo persada.
Rais, Hanum Salsabila dan Rangga Almahendra. 2013. 99 Cahaya di Langit Eropa. Jakara: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiarti. 2007. Pengantar dan Pengkajian Prosa Fiksi. Malang: UMM Press.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sujarwa. 2010. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar: Manusia dan Fenomena Sosial Budaya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syafaat, Aat. 2008. Perananan Pendidikan Islam: Dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zakiah Daradjat. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Zuhairini.1995.Filsafat Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara. Cet. II.
Al-Maragi, Ahmad Mustafa. 1987. Tafsir Al-Maragi. Jakarta: CV. Toha Putra Semarang.