Implementasi Metode Wafa pada Pembelajaran Tahsin Al- Qur’an Di SMAIT Harapan Umat Karawang

Authors

  • Winda Arum Singgarani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Zaenal Arifin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • N Fathurrohman Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1090

Keywords:

Metode Wafa, Tahsin, Implementasi

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang penelitian terkait implementasi metode Wafa pada pembelajaran tahsin Al- Qur’an. Al-Qur'an adalah sumber hukum dan pedoman hidup bagi umat Islam. Sebagai umat Islam penting untuk mempelajari Al-Qur'an, salah satunya belajar membaca Al-Qur'an dengan sesuai kaidah tajwid. Salah satu upaya sekolah dalam membantu siswa belajar membaca Al-Qur'an adalah dengan mengadakan  pembelajaran tahsin Al- Qur’an. SMAIT Harapan Umat Karawang menggunakan metode Wafa dalam pembelajaran tahsin Al-Qur'an siswa. Metode Wafa merupakan inovasi metode pembelajaran Al-Qur'an dengan memaksimalkan pendekatan otak kanan yang komprehensif, mudah, dan menyenangkan. Dalam proses pembelajarannya menggunakan metode 5P (Pembukaan, Pengalaman, Pengajaran, Penilaian dan Penutupan) serta menggunakan nada hijaz. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh ialah implementasi metode Wafa dalam pembelajaran tahsin Al-Qur'an di SMAIT Harapan Umat Karawang sudah terlakasana cukup baik sesuai standar prosedur Wafa, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, hingga proses evaluasi. Kemampuan membaca Al-Qur'an siswa juga baik dengan nilai rata- rata >80 dan telah mencapai target tilawah di tiap semesternya. Faktor pendukungnya para pembimbing tahsin yang sudah tersertifikasi, sistem pembelajaran yang terprogram dengan baik, motivasi belajar siswa tinggi dan sarana prasarana pembelajaran yang lengkap. Faktor penghambatnya adalah guru sering mengalami kesulitan menjaga semangat belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annuri, Achmad. 2010. Panduan Tahsin Tilawah Al- Qur’an. Jakarta Timur: Pustaka Al- Kautsar.
Anwar, Rosihon. 2017. Ulum Al- Qur’an. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Badan Litbang &Diklat Kemenag.Indeks Literasi Al- Qur’an Siswa SMA. Available from https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-literasi-al-qur-an-siswa-sma

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamdayana, Jumanta. 2019. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jannah, Fthiyathul. 2021. Problematika Pembelajaran Al- Qur’an dan Upaya Pemecahannya di SMP Muslimin 5 Cibiru Bandung. Jurnal Tafhim Al-Ilmi, Vol.12. No 02. 254.

Marzuki, dkk. 2021 Dasar- Dasar Ilmu Tajwid. Yogyakarta: DIVA Press.

Nata, Abuddin. 2013. Metodologi Studi Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Putrawangsa, Susilahudin. 2018. Desain Pembelajaran. Mataram: CV. Reka Karya Amerta.

Qisom, Shobikhum. 2019. Buku Pintar Guru Al- Qur’an Wafa Belajar Al- Qur’an Metode Otak Kanan. Surabaya: Yayasan Syafa’atul Qur’an Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-08-03

How to Cite

Singgarani, W. A., Arifin, Z., & Fathurrohman, N. (2021). Implementasi Metode Wafa pada Pembelajaran Tahsin Al- Qur’an Di SMAIT Harapan Umat Karawang. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 46–54. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1090
Abstract Views: 8618 | File Views: 2107