Kontribusi Metode Muroja’ah Tahfidzul Quran dengan Model Simaan Estafet pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Mudah Nurnaningsih Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Khuriyah Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Andi Arif Rifa’i Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Supriyanto Supriyanto Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1092

Keywords:

Prestasi Belajar, Tahfidzul, Muroja'ah

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam. Seorang yang beragama Islam wajib menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup. Salah satu bentuk pendalaman Al Qur’an adalah menghafalkannya melalui program tahfidz.Tujuan menghafal Al Qur’an tidak hanya memindahkan teks atau alqur’an ke dalam otak tetapi agar terjadi internalisasi isi Al Qur’an kepada penghafalnya sehingga tercipta generasi Qur’ani.

Artikel ini merupakan literatur review. Metode muroja’ah tahfidzul Qur’an dengan model simaan estafet memberikan kontribusi pada peningkatan prestasi belajar siswa.  Metode muroja’ah simaan estafet efektif untuk menjaga agar hafalan tidak hilang dan metode muroja’ah dapat mempercepat dan meningkatkan hafalan siswa/santri baik kualitas dan kuantitasnya.  Al Qur’an berisi pondasi dan prinsip sehingga dengan Al Qur’an mampu membentuk karakter individu dan membantu individu untuk mengembangkan kecerdasan otak. Aktifitas menghafal Al Qur’an memicu otak untuk mengeluarkan gelombang otak. Frekuensi gelombang otak ini mengalami perubahan sesuai dengan ayat atau surah yang dibaca. Gelombang otak ini mempunyai fungsi untuk meningkatkan kekuatan otak. Siswa yang sering mendengarkan dan atau membaca Al Qur’an akan meningkatkan daya kreatifitas. Aktifitas menghafal Al Qur’an terbukti mempunyai pengaruh yang positif terhadap nilai akademik ujian nasional pada matapelajaran matematika, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Q. (2017). Penerapan Metode Tahfidz untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadist di MTsN Ngantru Tulungagung. IAIN Tulung Agung.

Alamin, F. A. B. A., & Inayati, N. L. (2020). PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DAARUL QUR’AN SRAGEN Fatahhillah Abdurrahman Bin Auf Alamin dan Nurul Latifatul Inayati. ISEEDU, 4(2), 316–330.

Arif, M., & Nggolitu, I. (2019). Ijtim ā ’ iyya : Journal of Muslim Society Research. Ijtimā’iyya: Journal of Muslim Society Research, 4(1), 175–196.

Aziz, J. A. (2017). Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi Jamil Abdul Aziz | 1. Jurnal Ilmuah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1), 1–15.

Azmi, I. R. (2019). Optimalisasi Metode Muroja’ah dalam Program Tahfidz Al Qur’an di SMA N9 Rejanglebong. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 85–95.

Fadlilah, N. F. (2019). Pengaruh Kegiatan Muraja’ah Sambung Ayat di Jam’iyyatul Huffazh Mahasiswa Surabaya terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Tafsir di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA FAKULTAS.

Faidah, M. (2020). Predicting Students’ Academic Achievement on the Patterns of Tahfidz al-Qur’an Programs in Public Universities. Edukasia Islamika, 5(2), 206–223.

Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al- Qur ’ an dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor). Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Hidayah, N. (2014). Strategi pembelajaran tahfidz al-qur’an di lembaga pendidikan. Jurnal Ta’allum, 04(01), 63–81.

Maimun, A., & Yasin, Mu. (2019). The Existance of Memorisin Al-Quran in Islamic University:Motifation, Method and Achievement. Didaktika Religia: Journal of Islamic Education, 7(1), 116–141.

Nafi’ah, R. (2018). Efektivitas Program Tahfidz Al- Quran dalam memperkuat Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Lasem. Universitas Pendidikan Agama Islam.

Novebri, & Dewi, S. (2020). Correlation between Students ’ s Ability to Memorize the Qur ’ an and Students ’ Learning Achievement at Islamic Boarding Schools in Indonesia. Khalifa: Journal of Islamic Education, 4(2), 118–141.

Nurlaili, Ritonga, M., & Mursal. (2020). MENARA Ilmu Vol. XIV No.02 Juli 2020. Menara Ilmu, XIV(02), 73–82.

Nurul Islamiyatul Izzah, Sad’dullah, A., & Subekti, A. (2019). Pengaru Muroja’ah Hafalan Al-Qur’an terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di Unit Kreatifitas Mahasiswa Jamiayyatul Qurro’wal Huffadz Universitas Islam Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(6).

Pasaribu, R. (2018). SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA Risnawati Pasaribu Program Pasca Sarjana Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Abstrak Info Artikel Diterima Februari 2018 , disetujui Maret 2018 , diterbitkan Juni 2018 Kualitas pendidikan di Indone. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 173–187.

Sucipto. (2020). Tahfidz Al-Quran Melejitkan Prestasi. (Guepedia, Ed.). Guepedia.
Tanjua, A. L. (2020). Metode Muroja’ah Tahfidzul Qur’an Menggunakan Model Simaan Estafet Ayat Di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Salatiga Tahun 2020.

Downloads

Published

2021-08-05

How to Cite

Nurnaningsih, M., Khuriyah, Rifa’i, A. A., & Supriyanto, S. (2021). Kontribusi Metode Muroja’ah Tahfidzul Quran dengan Model Simaan Estafet pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 60–65. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1092
Abstract Views: 2001 | File Views: 682