Upaya Guru TTQ (Tilawah Tahfidz Qur’an) Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Hafalan Al- Qur’an Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Ilmi Palembang

Authors

  • Mahmud Kodri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum
  • Yudi Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum
  • Moh Fuadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v7i1.1197

Keywords:

Upaya, Guru, TTQ (Tilawah Tahfidz Qur’an)

Abstract

Upaya guru TTQ dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an peserta didik di masa pandemi covid-19 berbeda dari biasanya, yaitu sekarang menggunakan aplikasi-aplikasi yang terhubung dengan jaringan internet, seperti Zoom, WhatsApp, Google Form dan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan tentang upaya guru TTQ (Tilawah Tahfidz Quran) di masa pandemi covid-19 dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa/siswi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Ilmi Palembang yang diintepretasikan dengan kata-kata atau kalimat. Dari hasil analisis data dapat disumpulkan bahwa proses pembelajaran al-Qur’an di masa pandemi covid-19 meliputi, perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar dan evaluasi kegiatan belajar mengajar. Hambatan-hambatan yang dialami guru dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa/siswi yaitu, kurangnya motivasi dari peserta didik dalam menghafal al-Qur’an, adanya rasa jenuh dari diri siswa ketika menghafal al-Qur’an dan gangguan koneksi internet. Upaya guru TTQ di masa pandemi covid-19 dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa/siswi kelas VI Ali Bin Abi Thalib Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Ilmi Palembang yaitu dengan: memberikan motivasi kepada peserta didik, memberikan tugas dan membuat video pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusriani, A., & Fauziddin, m. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729-1740.

Agustina, M., Yusro, n., & Bahri, s. (2020). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’An Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1-17.

Al Munawaroh, n. (2020). Dampak Lockdown Covid 19 Pada Pendidikan Islam Di Indonesia. At-Ta'Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 182-192.

Albahri, D Et Al.2011. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Alhaddad,M,R.(2019). Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Teoritis Dalam Pendidikan Islam. Pekan Baru: Cahaya Firdaus.

Amaliah, I. N., Nuroni, e., & Pamungkas, m. i. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’An Dengan Metode Talaqqi (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi).

Anif, S., Sutama, s., Prayitno, h. j., & Sukartono, s. (2019). Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Kendal. Jurnal Varidika, 31(1), 63-72.

An-Nawawi, Imam Abu Zakaria Yahya Bin Syaraf .(2005). At-Tibyan Adab Penghafal Al-Qur’An. Sukoharjo: Al-Qowam.

Arikunto, s. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt Rineka Cipta.

Arsyad,A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fauziyah, N. (2020). “Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam.” Jurnal Al-Mau’Izhoh, 2 (2): 2.

Handayani, R. T., Arradini, d., Darmayanti, a. t., Widiyanto, a., & Atmojo, j. t. (2020). Pandemi Covid-19, Respon Imun Tubuh, Dan Herd Immunity. Jurnal Ilmiah Stikes Kendal, 10(3), 373-380.

Hawi, A. (2014). Kopetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khusna, N. (2016). “Peran Guru Pai Dalam Menumbuhkan Karakter Anti Korupsi.” Mudarrisa Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 8 (2): 179.

Maskur, A. (2018). “Pembelajaran Tahfidz Qur’An Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Islam, 1 (2): 191-193.

Nisak, N,M. (2018). “Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al Qur’An Di Sekolah Dasar.” Halaqa: Islamic Education Journal, 2 (2): 154.

Noor, M,S& Hidayatullah, d. (2021). “Isyba’ Dalam Al-Qur’An.” Jurnal Darussalam, 22 (1): 67-90.
Nugraha, S. W. R., & Abdurrohman, I. (2020). Makna Qiraah Dan Tilawah Dalam Alquran Perspektif Teori Anti Sinonimitas Muhammad Syahrur. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur'An Dan Tafsir, 5(1), 42-53..

Nurtawab, E. (2013). Wawasan Al-Qur’An Tentang Pendidikan. Bandar Lampung: Aura.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541-544.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232.

Rojii, MEt Al. 2019. “Desain Kurikulum Islam Terpadu.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3 (2): 54.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning In The Middle Of The Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Sa’dullah, (2008), 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani.

Salamah, U. (2019). Kemampuan Menghafal Al-Qur’An Dengan Metode Kaisa Dalam Perspektif Multiple Intelligence. Istighna Jurnal Stit Islami, 2 (2): 89.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (Jpmanper), 3(2), 190-198.

Ulfah, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Masa Pandemi. Lamongan: Senasbasa.

Ulummudin, U. (2020). Memahami Hadis-Hadis Keutamaan Menghafal Al-Qur’An Dan Kaitannya Dengan Program Hafiz Indonesia Di Rcti (Aplikasi Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zaid). Al Quds: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(1), 57-76.

Wiguna, F.A. (2017). Pengaruh Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sdn Mojoroto Kota Kediri. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2 (1):45-64.

Yayan, MH.AF. (2010). 8 Cara Asyik Hafal Al-Qur’An. Palembang: Rumah Tahfidz Kimarogan.

Downloads

Published

2020-02-10

How to Cite

Kodri, M., Pratama, Y., & Fuadi, M. (2020). Upaya Guru TTQ (Tilawah Tahfidz Qur’an) Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Hafalan Al- Qur’an Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Ilmi Palembang. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 58–63. https://doi.org/10.30599/jpia.v7i1.1197
Abstract Views: 1494 | File Views: 1070