Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Akhlak Pada Anak Di Lingkungan Keluarga

Authors

  • Muhammad Ikhsanudin stkip nurul huda
  • Hidayati Hidayati

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v2i1.185

Keywords:

Peran Orang Tua, Akhlak Anak

Abstract

Orang tua merupakan komponen terpenting dalam pendidikan keagamaan anak. Keberanian orang tua sangat penting, bukan saja pada keberadaan sekarang tetapi juga bagi masa depan anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam melaksanakan pendidikan agama bagi anak-anak meraka adalah melalui keteladanan atau modeling. Keteladanan merupak hal terpenting yang harus dijalankan orang tua dalam pendidikan agama anaknya. Karna orang tua memiliki kedudukan tersendiri di mata anak, bagi anak merupakan rujukan pertama di saat sedang menghadapi persoalan.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Rumusan maslah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah orang tua mempunyai peran dalam menanamkan nilai-nilai akhlak di desa Tanjung Kemala Barat Kecamatan Martapura?, 2) Bagaimana akhlak anak di lingkungan keluarga di desa Tanjung Kemala Barat Kecamatan Martapura? Dan 3) Bagaimana peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak di lingkungan keluarga di desa Tanjung Kemala Barat Kecamatan Martapura?. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga di desa Tanjung Kemala Barat Kecamatan Martapura yang berjumlah 320 keluarga dan yang menjadi sampel 20 keluarga. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.

Sebagai kegiatan akhir analisis data penelitian dapatlah di simpulkan: peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak di desa Tanjung Kemala Barat Kecamatan Martapura adalah sangat sering hal tersebut dapat di lihat dari angket yang disebarkan kepada seluruh keluarga. Berdasarkan skor jawaban peran orang tua diketahui bahwa orang tua yang menjawab sangat sering sebanyak 10 keluarga (50%), yang menjawab peran orang tua di ketahui bahwa orang tua yang menjawab sering sebanyak 6 keluarga (30%), yang menjawab peran orang tua di ketahui bahwa orang tua yang menjawab kadang-kadang sebanyak 3 keluarga (15%), yang menjawab peran orang tua di ketahui bahwa orang tua yang menjawab jarang sebanyak 1 keluarga (5%) dan yang menjawab peran orang tua di ketahui bahwa orang tua yang menjawab tidak pernah sebanyak 0 keluarga (0%). Peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak di lingkungan keluarga di desa Tanjung Kemala Barat Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur adalah sangat sering dalam mendidik anak di lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-01

How to Cite

Ikhsanudin, M., & Hidayati, H. (2016). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Akhlak Pada Anak Di Lingkungan Keluarga. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 56–77. https://doi.org/10.30599/jpia.v2i1.185
Abstract Views: 2254 | File Views: 4045