Etika murid dan guru dalam kegiatan pembelajaran Menurut imam al-ghazali (Kajian Teoritik Kitab Ihya Ulumuddin Juz I Karya Imam Al-Ghazali)

  • Ahmad Ulin Ni'am STKIP Nurul Huda
  • Nasrudin Zen
Keywords: Etika guru, Etika Murid, Kitab Ihya Ulumuddin

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Etika murid dan guru dalam kegiatan  pembelajaran Menurut Imam Al-Ghazali kajian teoritik Kitab Ihya’ Ulumuddn. karya Imam Al-Ghazali.

Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode Riset perpustakaan (library Research) dengan teknik analisis  (content analisis), atau analisis isi.  

Guru merupakan sosok yang mampu sebagai penunjuk kejalan Allah. kesuksesan Murid adalah tanggung jawab Guru Kesuksesan anak adalah kesuksesan orang tua. hal ini ditandai dengan adanya sifat kasih sayang dari guru kepada murid sebagaimana layaknya perlakuan orang tua terhadap anaknya.

Murid merupakan mitra guru dalam kebaikan yang ditandai oleh adanya sifat demokrasi dan prinsip keterbukan antara mereka dalam hal ini landasan dasarnya adalah adanya  tujuan yang mulia yaitu pendekatan diri kepada Allah SWT (memiliki nilai-nilai religiusitas dan transenden).

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kitab Ihya’ Ulumuddin  yang merupakan  karya monumental Imam Al-Ghazali terdapat beberapa etika yang harus dilaksanakan bagi guru dan murid demi kesuksesan proses pembelajaran sehingga terjadilah suatu relasi yang harmonis antara keduanya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-01
How to Cite
Ni’am, A., & Zen, N. (2017). Etika murid dan guru dalam kegiatan pembelajaran Menurut imam al-ghazali (Kajian Teoritik Kitab Ihya Ulumuddin Juz I Karya Imam Al-Ghazali). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 97-113. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JPIA/article/view/195