Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural

Authors

  • Abdul Karim STIT PGRI Pasuruan
  • Miftakhul Munir

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v3i1.197

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Multikultural

Abstract

Kemajemukan bangsa ini, disatu sisi merupakan aset kekayaan khasanah budaya bangsa, namun disisi lain dapat menjadi potensi konflik tatkala tidak dapat dikelola dengan baik dan tidak memiliki sikap yang proposional terhadap kemajemukan ini. Kemajemukan yang memiliki potensi konflik tinggi dan sentral yaitu isu yang berkenaan dengan kemajemukan beragama.Agama merupakan isu yang sangat sentral dan cepat menimbulkan konflik dikalangan masyarakat. Maka dari itu, artikel ini ditulis guna untuk mencoba menggagas wacana tentang pendidikan agama islam dengan membawa misi pluralisme agama, humanisme, dan demokrasi. Dan memberikan solusi serta pencerahan dalam menuju suatu perubahan yang signifikan terhadap pendidikan agama islam dalam segala aspeknya, sehingga pendidikan agama islam menjadi pendidikan yang inklusif dan dinamis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-01

How to Cite

Karim, A., & Munir, M. (2017). Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.30599/jpia.v3i1.197
Abstract Views: 2188 | File Views: 8724