Pelaksanaan Shalat Kusyu’ Ditinjau Dari Psikologi Kepribadian

Authors

  • Supangat Supangat STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v3i1.203

Keywords:

Shalat Kusyu’, Psikologi Kepribadian

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Pelaksanaan Shalat Kusyu’ ditinjau Dari Psikologi Kepribadian”, dengan alasan bahwa perlunya pembahasan mendalam tentang khusyu’ dalam sholat sehingga dapat berusaha menerapakan ibadah sholat dengan khusyu’ serta tercapainya tujuan sholat sebagaimana bacaan-bacaan yang dibaca dalam sholat. Hal ini akan dianalisa mendalam tentang kaitannya dengan kepribadian melalui pendekatan psikoligi

Metodologi penelitian menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kajian psikologi kepribadian. Menganalisis secara konteks dengan berbagai literatur berupa data primer dan data skunder serta memberi kesimpulan secara deduktif.

Temuan pada penelitian ini adalah bahwa untuk menjadikan khusyu’ dalam shalat sebagaimana maka kriteria khusyu’ harus dilakukan sesuai dengan syara’ yaitu: (1) ketika shlat menjaga pandangannya selalu tertunduk (1) hati dan ucapan serta gerakan selalu berusaha dipadukan untuk senantiasa merasakan dan meresapi inti makna yang dibaca dalam bacaan shalat. Untuk melaksanakan tersebut ditinjau dari psikologi kepribadian maka qalb, fuad, ego dan tingkah laku dalam penerapannya dilakukan dalam shalat serta mengintegrasikan sistem qalbu, akal dan nafsu.

Dengan penemuan di atas yang berkenaan khusyu’ dalam shalat ternyata sangat dipengaruhi oleh kepribadian seseorang bila ditinjau dari psikologi kepribadian, dimaksudkan bahwa khusyu’ dalam shalat terjadi pada proses integrasi sistem qalbu, akal dan nafsu sehingga mencapai tujuan dilaksanakannya shalat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-01

How to Cite

Supangat, S. (2017). Pelaksanaan Shalat Kusyu’ Ditinjau Dari Psikologi Kepribadian. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 74–94. https://doi.org/10.30599/jpia.v3i1.203
Abstract Views: 2752 | File Views: 6616