Studi Komparasi Prestasi Belajar Membaca Al-Qur’an Antara Siswa Lulusan Sekolah Dasar (SD) Dengan Siswa Lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI)

  • Supangat Supangat STKIP Nurul Huda
  • Ike Mei Yana STKIP Nurul Huda
Keywords: Prestasi Belajar Membaca al-Qur’an, Siswa Lulusan MI dan SD

Abstract

Ada perbedaan intensitas pembelajaran membaca al-Qur’an antara siswa SD dengan siswa MI. MI merupakan lembaga pendidikan formal keagamaan dengan 5 Mata Pelajaran Agama.  Sementara pembelajaran agama Islam di SD hanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan (1) prestasi belajar membaca al-Qur’an  siswa MTs Nurul Huda Sukaraja kelompok lulusan SD termasuk kategori rendah dibuktikan bahwa dari 20 siswa ada 8 siswa (40%) yang memiliki nilai tinggi, 3 siswa (15%) sedang dan 9 siswa (45%) memiliki nilai rendah. (2) prestasi belajar membaca al-Qur’an  siswa MTs Nurul Huda Sukaraja kelompok lulusan MI termasuk kategor sedang. Hal  ini dibuktikan bahwa dari 20 siswa, ada 2 siswa (10%) yang termasuk memiliki nilai tinggi, 15 siswa (75%) sedang dan 3 siswa (15%) yang memiliki nilai rendah. (3) terdapat perbedaan prestasi belajar membaca al-Qur’an antara siswa lulusan Sekolah Dasar (SD) dengan siswa lulusan MI di MTs Nurul Huda Sukaraja, dibuktikan dengan nilai Zo = 1,340 menggunakan taraf signifikan 5 % atau 0,05 diperoleh nilai taraf signifikannya adalah 0,9115. Sehingga karena Zo = 1,340 > Zt = 0, 9115 maka dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan  bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar membaca al-Qur’an antara siswa lulusan SD dengan siswa lulusan MI.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-01
How to Cite
Supangat, S., & Yana, I. (2018). Studi Komparasi Prestasi Belajar Membaca Al-Qur’an Antara Siswa Lulusan Sekolah Dasar (SD) Dengan Siswa Lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 20-27. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JPIA/article/view/310