Penerapan Metode Quantum Learning Tipe Kauny Quantum Memory Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis

  • Romdloni Romdloni STKIP Nurul Huda
  • Malikin Malikin STKIP Nurul Huda
Keywords: Metode Quantum Learning Tipe Kauny Quantum Memory,, Hasil Belajar, Al Qur'an Hadis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur'an Hadis setelah penerapan metode Quantum Learning Tipe Kauny Quantum Memory. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU Umbul Sari yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik holberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah pertama; hasil belajar sebelum penerapan metode adalah rendah yaitu dari 28 peserta didik terdapat 6 siswa atau 21,43% mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata siswa 51,07. Kedua, hasil belajar mata pelajaran Al-Qur'an Hadis siswa setelah penerapan metode adalah baik yaitu dari 28 siswa terdapat 14 siswa atau 50% yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 62,86 pada siklus 1, terdapat 23 siswa atau 82,14% mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 73,57 pada siklus 2, dan 27 siswa atau 96,43% dapat mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 81,07 setelah tindakan siklus 3. Ketiga, Penerapan metode Quantum Learning Tipe Kauny Quantum Memory dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur'an Hadis setiap siklus sebesar 25%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-01
How to Cite
Romdloni, R., & Malikin, M. (2018). Penerapan Metode Quantum Learning Tipe Kauny Quantum Memory Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 28-37. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JPIA/article/view/311