Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Secara Tartil

Authors

  • Sholeh Hasan STKIP Nurul Huda
  • Tri Wahyuni STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.317

Keywords:

Metode Qiroati, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Tartil

Abstract

Metode qiroati merupakan metode pengajaran dan pembelajaran Al-Qur’an secara tartil, bertajwid, dibaca secara langsung tanpa di eja. Metode qiroati merupakan salah satu metode baca Al-Qur’an yang yang diterapkan di TPA Mamba’ul Ulum yang kini dapat memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an di TPA Mamba’ul Ulum.

Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang kontribusi penerapan metode qiroati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an secara tartil. Sebagai kegiatan akhir analisis data penelitian dapatlah disimpulkan: kontribusi penerapan metode qiroati dalam pembelajaran membaca  Al-Qur’an secara tartil di TPA Mamba’ul Ulum Sukaraja sangat bermanfaat. Hal ini dapat di lihat dari angket yang disebarkan kepada seluruh santri jilid 4 TPA Mamba’ul Ulum. Berdasarkan skor jawaban kontribusi penerapan metode qiroati diketahui bahwa santri yang menjawab sangat bermanfaat sebanyak 26 santri (86.67%), yang menjawab kontribusi penerapan metode qioati cukup bermanfaat sebanyak 4 santri (13.33%), yang menjawab kontribusi penerapan metode qiroati kurang bermanfaat sebanyak 0 santri (0%), yang menjawab kontribusi penerapan metode qiroati di ketahui bahwa santri yang menjawab tidak bermanfaat sebanyak 0 santri (0%). Kontribusi penerapan metode qiroati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an secara tartil di TPA Mamba’ul Ulum Sukaraja adalah sangat bermanfaat dalam meningkatkan prestasi belajar santri TPA Mamba’ul Ulum Sukaraja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Hasan, S., & Wahyuni, T. (2018). Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Secara Tartil. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.317
Abstract Views: 25673 | File Views: 10482