Potensi Manajerial Kelas Yang Diperlukan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Aliyah

  • Iswati Iswati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Marlina Marlina STKIP Nurul Huda
Keywords: Manajerial Kelas, Kompetensi Guru, Pembelajaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kompetensi manajerial kelas yang perlu dimiliki oleh guru-guru khususnya di MA di Kota Metro dengan harapan hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran bagi guru secara umum. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa: potensi manajerial yang diperlukan guru dalam proses pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi dua kegiatan pokok, yaitu pengelolaan pengajaran dan pengelolaan kelas. Pengelolaan pengajaran adalah kegiatan mengajar itu sendiri yang melibatkan secara langsung komponen materi pengajaran, metode mengajar dan alat bantu dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Pengelolaan kelas adalah penciptaan kondisi yang memungkinkan pengelolaan pengajaran dapat berjalan secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-24
How to Cite
Iswati, I., & Marlina, M. (2018). Potensi Manajerial Kelas Yang Diperlukan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Aliyah. Al-Iā€™tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 55-63. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JPIA/article/view/318