Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak TPQ Al-Hidayah 1 Dusun Tugasari

  • Rezza Yuli Anjani STKIP Nurul Huda
  • H. Tasdiq
Keywords: Membaca Al-Qur’an, Upaya Guru, Taman Pendidikan Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Al-Qur’an bagi kehidupan manusia, maka sangat diperlukan pendidikan Al-Qur’an bagi Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Salah satunya pengajaran bisa dilakukan pada Taman Pendidikan Al-Qur’an. Fakta yang terjadi pada Anak TPQ Al-hidayah 1 Dusun Tugasari adalah ketika Anak membaca Al-Qur’an secara bersama-sama mereka akan kompak dan benar dalam bacaannya, akan tetapi berbeda ketika anak membaca secara individu, meskipun tidak semuanya, pada kenyataannya mereka kurang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dari segi makhorijul huruf ataupun dalam hukum tajwidnya. Dalam proses pendidikan di TPQ guru adalah salah satu faktor penting yang  menentukan. Proses pendidikan tidak akan berhasil dengan baik tanpa adanya peran guru yang senantiasa memberikan pengajaran setiap hari pada santri-santrinya. Maka dari itu perlu adanya Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak TPQ Al-Hidayah 1 Dusun Tugasari.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.  Penganalisaan data dilakukan dengan cara mereduksi data atau merangkum dari berbagai sumber yang telah tersedia, penyajian data bisa dan, uji keabsahan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Dari hasil penelitian diperoleh informasi upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada Anak TPQ Al-Hidayah 1 Dusun Tugasari adalah interaksi yang baik ustad/ustadzah dengan santri agar santri dapat menerima pelajaran dengan mudah, memberikan pemahaman materi dengan media gambar,  menghafal surat-surat pendek, mengevaluasi secara lisan dan tulisan, memperdengarkan murottal lalu santri meniru, sebelum sorogan Al-Qur’an santri harus membaca berulang-ulang minimal 3 kali, dan wajib menerapkan materi bacaan Al-Qur’an yang telah di sampaikan ustad/ustadzah, sesekali diadakan perlombaan hafalan dengan memberikan hadiah bagi santri yang bacaannya baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdur Rahman, Mulyono. 2001. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, hlm. 224

Afrida, Helyati. 2012. Peran Guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa tentang pelajaran agama di SDN Limus Nunggal 02 Cileungsi, (Jakarta:FITK Jakarta, Skripsi,), hlm.11

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya

Alwi, Hasan.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Al-hasani, Al- Maliki, Muhammad Ibn Alawi. 2003. Samudera ilmu-ilmu Al-Qur’an. Bandung: PT Mizan Pustaka. Cet. 1

Al-utsaimin, Muhammad Ibn Shalih. 2001. Ulumul Qur’an, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Atmaka, Dri. 2004. Pengantar Pendidikan, Salatiga: Widyasari Press, hlm. 17

Darajat, Zakiyah. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Bumi Aksara), hal. 39

Departemen Agama RI, 2008. Al-Qur’an dan terjemahnya, Bandung: Diponegoro.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. Ke- 2, hlm. 123.

Drs. Hamdani, M.A. 2001. D asar-Dasar Kependidikan, Bandung: CV PUSTAKA SETIA Cetakan ke-1, hlm. 140

John W. Creswell. 2008. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Edisi Ketiga Bandung : Pustaka Pelajar, hlm. 19.

Lexi J. Moleong. 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung:Remaja Rosdakarya, hlm. 330

Majid khon,Abdul. 2011. praktikum qiro’at keanehan bacaan Al-Qur’an Qiro’at Ashim dari Hafash, Jakarta:Amzah hlm. 35

Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, hlm. 151

Purwanto, Ngalim. 2000. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda karya, hlm. 138

Shihab,Quraish.2008. Sejarah & Ulumul Qur’an Jakarta: Pustaka Firdaus. hlm. 13

R.I. Shannun, 3J.A. Battle. 2003. Gagasan Baru dalam Pendidikan, Jakarta: Mutiara, hlm. 178.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabeta, Bandung)

Suhartono, Suparlan. 2008. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002. Kamus Besar Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Syafi’i, A. Mas’ud. 2001. Pelajaran Tajwid (Bandung:Putra Jaya)
Published
2019-02-15
How to Cite
Anjani, R., & Tasdiq, H. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak TPQ Al-Hidayah 1 Dusun Tugasari. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 28-33. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i1.555