Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Penerapan Metode Advokasi

  • Haryanto Haryanto
  • Suhartono Suhartono
Keywords: Metode Advokasi, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits

Abstract

Metode pembelajaran sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan belajar siswa kurang mendapatkan perhatian dari para guru, pada proses pembelajaran guru hanya memberikan ringkasan materi dengan cara mendektekan kepada siswa kemudian guru menjelaskan materi tersebut secara oral tanpa memberikan feed back  kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui penerapan metode Advokasi siswa kelas X IPA MA Nurul Huda Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur.

Penelitian dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MA Nurul Huda yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik holberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.

Kesimpulan penelitian ini pertama hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi pembelajaran pokok-pokok isi kitab Al-Qur’an siswa sebelum penerapan metode Advokasi di kelas X IPA MA Nurul Huda adalah sangat rendah. Kedua hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi pembelajaran pokok-pokok isi kitab Al-Qur’an siswa setelah penerapan metode Advokasi di kelas X IPA MA Nurul Huda termasuk kategori tinggi atau baik. Ketiga Penerapan metode Advokasi dapat meningkatkan hasil belajar mata ini dengan indikator aktivitas guru dalam pembelajaran termasuk kategori baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran masuk kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa Ibn Musthafa ibn Muhammad ibn Abd al-Mun’im al-Qadhi. t.t. Tafsir Al-Maraghi. Terjemahan Abu Ahmadi Juz 16. Surabaya: Almaktab.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian;Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Perada.
Madrasah Aliyah Nurul Huda 2013. Profil MA Nurul Huda. Sukaraja: MA NH.
Madrasah Aliyah Nurul Huda 2013. Kalender Pendidikan . Sukaraja: MA NH.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyanto. 2007. Desain Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yuma Pustaka.
Thobroni, Muhammad. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Utsman, Abdulah. 2013. Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Kencana Media.
Utsman, Muhammad Uzer. 2011. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Walgito, Bima. 2007. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wardhani, Igak. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2019-02-15
How to Cite
Haryanto, H., & Suhartono, S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Penerapan Metode Advokasi. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34-44. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JPIA/article/view/558