Studi Korelasi Disiplin Dalam Pembelajaran Dengan Kinerja Guru Di SMAN Se- Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan

Authors

  • Marlina Marlina STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v6i1.566

Keywords:

Disiplin dalam Pembelajaran, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada korelasi positif dan signifikan antara Disiplin dalam Pembelajaran dengan Kinerja Guru SMAN Se- Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Sehingga dapat digunakan sebagai sumbangsih pemikiran dan informasi serta pengetahuan dalam rangka meningkatkan keberhasilan pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pada SMAN se kecamatan Bumi Agung dengan pengambilan  sampel menggunakan metode slovin berjumlah 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah dispropotional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah kuesioner model skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis diuji dengan teknik korelasi sederhana dan Regresi.

                Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa:  ada korelasi positif dan signifikan disiplin dalam pembelajaran dengan kinerja guru SMAN dengan tingkat keeratan hubungan  cukup (0,486). Adapun kontribusi disiplin dalam pembelajaran sebesar koefisien parsial R2 = 0,236 atau sebesar 23,6 % terhadap kinerja guru. Persamaan regresinya Y’ =52,705 + 0,55 (80) = 96,705 ( maksimum 150) bahwa : (d) ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin dalam pempelajaran terhadap kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas Sudijono, Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2004.
Depag RI, Al Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: PT Sygma, 2009.
Depdiknas RI, UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta, 2005.
Depdiknas, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
.............., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ke 3, Jakarta : Pusat Bahasa, 2003.
Edi Kusnadi, Metode Penelitian, Jakarta: Ramayana Press, 2005.
Fitri R. Ghozally, Kesuksesan Dalam Karir Dan Kepemimpinan, Jakarta:Edsa Mahkota,2005.
Freyadefunk, “ Cara Menguji Normalitas Data Dengan SPSS”, dalam http://freyadefunk.wordpress.com 24 Maret 2015.
Hamzah B Uno, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara, 2012.
Harun Yahya, Semangat dan Gairah Orang-orang Beriman, Surabaya: Risalah Gusti,2003.
Hendry, “Populasi dan Sampel”, dalam http://teorionline.wordpress.com 21 Maret 2015
Kunandar, Guru Profesional:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru , Jakarta: Raja Grafindo Persada,2007.
Moch. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2005.
Moh. Pabundu Tika, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Jakarta : Bumi aksara, 2006.
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 1989.
Ondi Saondi dan Aris Suherman, Etika Profesi Keguruan, Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
Popi Sopiatin, Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa, Bogor:Ghalia Indonesia, 2010.
Quraisy Shihab, Tafsir AL-Misbah :Pesan Kesan dan Keserasian Al Qur’an, Jakarta : Lentera Hati, 2002.
Ronnie Wicaksono, “Menentukan Jumlah Sampel Dengan Rumus”, dalam http://analisis-statistika.blogspot.com. Maret 2015 .
Rusman, Model-model Pembelajaran, Jakarta: PT Grafindo Persada, 2011.
Siswanto Sastrohadiwiryo, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Jakarta : Bumi Aksara, 2005.

Sondang P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara, 2007.
Sri Anitah W, Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Alfabet, 2011.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
.............., Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara, 2011.
Sukardi, Evaluasi Pendidikan, Surabaya:Usaha Nasional, 2007.
Syafrudin Nurdin dan Basyirudin Usman, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakaarta : Ciputat Press, 2003.
T.Widodo, Metode Penelitian Kuantitatif, Surakarta:LPP dan UNS Press,2009.

Downloads

Published

2019-02-01

How to Cite

Marlina, M. (2019). Studi Korelasi Disiplin Dalam Pembelajaran Dengan Kinerja Guru Di SMAN Se- Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45–49. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i1.566
Abstract Views: 1250 | File Views: 1153