Pembuatan Graphic User Interface (GUI) untuk Analisis Ayunan Matematis Menggunakan Matlab

  • Nurullaeli Nurullaeli Universitas Indraprasta PGRI
  • Irnin Agustina Dwi Astuti Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: graphic user interface, Matlab, metode regresi linear, metode Rungge-Kutta, metode ode45

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Graphic User Interface (GUI) yang digunakan sebagai alat analisis konsep ayunan matematis. Pokok bahasan yang dibahas mengenai ayunan matematis karena materi tersebut berkaitan dengan persamaan deferensial yang membutuhkan ketelitian tinggi dan keahlian dalam perhitungannya. Metode yang digunakan dalam analisis yaitu metode regresi linier, Rungge-Kutta orde 4 (RK4), dan ode45. Metode tersebut ditulis dalam sintak bahasa pemrograman MATLAB dan disajikan dalam bentuk GUI. Metode regresi linier digunakan untuk menghitung percepatan gravitasi, sedangkan metode RK4 dan ode45 digunakan untuk analisis lebih dalam mengenai konsep ayunan matematis. Pada penelitian ini didapatkan hasil perhitungan untuk percepatan gravitasi 9.5549 m/s2. Metode ode45 pada penelitian ini menunjukkan hasil yang lebih teliti dalam analisis konsep ayunan matematis pada rentang waktu yang panjang. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan alat bantu analisis pada pokok bahasan ayunan matematis untuk meminimalisir kesalahan perhitungan dan menghemat waktu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, D. N., Yulianawati, D., Agustina, N., Lestari, R. D. S., & Nugraha, M. G. (2015). Metode Sederhana Menentukan Percepatan Gravitasi Bumi Menggunakan Aplikasi Tracker Pada Gerak Parabola Sebagai Media dalam Pembelajaran Fisika SMA. Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIP), Bandung, 305-308.

Astuti, I. A. D. (2016). Pengembangan Alat Eksperimen Penentuan Percepatan Gravitasi Bumi Berdasarkan Teori Bidang Miring Berbasis Microcomputer Based Laboratory (MBL). Faktor Exacta, 9(2), 114-118.

Chapra SC. (2012). Applied numerical methods with MATLAB® for engineers and scientists third edition. New York: McGraw-Hill.

Chusni, M. M. (2017). Penentuan Besar Percepatan Gravitasi Bumi Menggunakan Ayunan Matematis dengan Berbagai Metode Pengukuran. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 47-53.

Costa, José Da, Suryasatriya Trihandaru, & Made Rai Suci Santi. (2014). Analisis Numerik untuk Gerak Osilasi Bergandeng pada Air Track dengan Metode Runge-Kutta. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, Yogyakarta, 26 April 2014.

Gatot, F., & Santoso, I. (2012). Analisis Perbandingan Metode Numerik Dalam Menyelesaikan Persamaan-Persamaan Serentak. Widya Warta, 35(01), 19-39.

Netra, P. A., Widiharih, T., & Yasin, H. (2016). Gui Matlab Untuk Kombinasi Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) Dan Topsis Dalam Pemilihan Cafe Terfavorit (Studi Kasus: Pemilihan Cafe Terfavorit Di Daerah Tembalang, Semarang). Jurnal Gaussian, 5(3), 515-524.

Rahman,J, M. Mushtaq,A. Ali,Y.N. Anjam & S.Nazir. (2014). Modeling Damped Mass-Spring System In MATLAB Simulink. Journal of Faculty of Engineering & Technology, JFET 21(2), 21-28.

Syahrul, Adler J., & Andriana. (2013). Pengukur Percepatan Gravitasi Menggunakan Gerak Harmonik Sederhana Metode Bandul. Jurnal Teknik Komputer Unikom (Komputika), 2(2).
Published
2018-08-10
How to Cite
Nurullaeli, N., & Astuti, I. (2018). Pembuatan Graphic User Interface (GUI) untuk Analisis Ayunan Matematis Menggunakan Matlab. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(2), 48–56. https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.205
Section
Articles