Korelasi antara: Kesadaran Sejarah, Religious Values dan Pemahaman Multi-Etnis terhadap Sikap Toleransi siswa SMA N Banda Aceh

  • Abdul Azis Posgraduate universitas Sebelas Maret
  • Nurasiah Nurasiah Universitas Syiah Kuala
  • Widia Munira Magister Universitas Sebelas Maret
Keywords: Kesadaran Sejarah, Religious Values, Pemahaman Multi-Etnis, Sikap Toleransi Siswa

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif Correlation Ex Post Facto (CEPF). Penelitian korelasi Ex Post Fakto merupakan jenis penelitian yang berfokus pada analisis hubungan antar variabel, yang diuji melalui statistik korelasional dan analisis regresi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 177 siswa dari SMA Negeri Banda Aceh. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya prilaku sosial, sikap individualistik, hingga krisis harmonisasi dalam diri individualistik siswa. Tahapan penelitian ini meliputi uji analisis korelasi parsial, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukanahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kesadaran sejarah dengan sikap Toleransi siswa SMA N Banda Aceh; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara religious values dengan sikap toleransi siswa SMA N Banda Aceh; (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman multi-etnis dengan sikap toleransi siswa SMA N Banda Aceh; dan (4) terdapat hubungan secara bersama antara kesadaran sejarah, religious values dan pemahaman multi-etnis dengan sikap toleransi siswa. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyatakan bahwa, peningkatan sikap toleransi disebabkan oleh tingginya sumbangan kesadaran sejarah, religious values dan pemahaman multi-etnis siswa melalui sosialisasi dalam proses pembelajaran sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I.(2018). Konflik Etno-Religius di Asia Tenggara. Yogyakarta: LkiS Press

Azis, A. Joebagio, H, & Sudiyanto. (2018). Correlation Between: Understanding of NATIONALISM and Historical Consciousness toward Students’ Democratic Attitude in Banda Aceh Senior High School, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 60-71.

Burs, J. M. (2010). Leadership. New York: Herperperennial Press.

Calder, G., Bessone, M., & Zuolo, F. (2014). How Groups Matter: Challenges of Toleration in Pluralistic Societies. London: Rauledge Taylor & Prancis Grop.

Dijk, T. A. (2015). Critical Discourse Studies; A Sociocognitive Approach. In R. Wodak, & M. Meyer, Journal Methods of Critical Discourse Analysis, 2(4), 62-85.

Durkheim, E. (2013). The Division of Labour in Society. (Steven Lukes). United Kingdom: Palgrave Macmillan (Original Work Published 1961).

Forst, R .(2014). The Power of Tolerance, with Wendy Brown, New York: Columbia University Press.

Gall, M. D., Gall, Joyce. P & Borg, Walter. R. (2003). Educational Research. United States: University of Oregon.

Parsons, T. (2013). The Sosial System. London: Rauledge Taylor & Prancis Grop.

Peterson, A., & Davies,. I. (2011). Debetes in History Teaching. London: Taylor & Prancis Group.

Rowse. (2014). Introduction, Antropology, Collecting and Colonial Govermentalis.London: Taylor & Prancis Grop.

Smith & Cochran. (2008). Walking The Road: Race, diversitu, and social Justice in teacher education. New York: Teacher College Press.

Tilaar, H. A. R. (2007). Mengindonesia Etnisitas dan Identitas. Jakarta: Rineka Cipta.

Usher, R., & Edwerds, R. (2013). Postmodernsm and Education: Different voices, different worlds, London: Routledge taylor & Prancis e-Library.
Published
2018-08-11
How to Cite
Azis, A., Nurasiah, N., & Munira, W. (2018). Korelasi antara: Kesadaran Sejarah, Religious Values dan Pemahaman Multi-Etnis terhadap Sikap Toleransi siswa SMA N Banda Aceh. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(2), 57–63. https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.236
Section
Articles