Hubungan Mind Map dan Motivasi Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP di Kabupaten OKU Timur

  • Eka Marwati STKIP Nurul Huda OKU Timur
  • Dwi Andriani STKIP Nurul Huda OKU Timur
  • Hastuti Retno Kuspiyah STKIP Nurul Huda OKU Timur
Keywords: Mind Map, Motivasi Belajar, Pendidikan Karakter

Abstract

Implementasi metode Mind Map dalam hubungannya dengan motivasi belajar siswa terhadap pembentukan karakter berlangsung dengan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Mind Map dan motivasi belajar siswa dalam pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan korelasi dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS 20, bahwa hasil nilai kemampuan menulis siswa dominan berada pada kategori baik. Hasil nilai motivasi belajar siswa ada 26 siswa dengan kategori tinggi (32,92%), 52 siswa dengan kategori sedang (65,82%), dan 1 siswa memiliki kategori rendah (1,27%). Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara Mind Map (hasil kemampuan menulis siswa) dan motivasi belajar terhadap pembentukan karakter siswa yang dapat menumbuhkan karakter positif, yaitu: memiliki perilaku mencerminkan sikap beriman, berakhlak mulia, berilmu jujur, disiplin,bertanggung jawab, percaya diri, peduli, dan rasa ingin tahu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Indriani, N. (2008). Meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakan mind mapping pada kelas XI-I SMP N Padang Panjang. Jurnal Guru, 5 (1): 7-16.

Lickona, T.(2003). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Bandung: Nusamedia.

Marzuki. (2013). Revitalisasi Pendidikan Agama di Sekolah dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1): 64-76.

Munandar, U.(2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Naim, M. (2009). Penerapan metode quantum learning dengan teknik peta pikiran (mind mapping) dalam pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Kreatif, 6(1): 82-100.

Rahmatiah. (2014). Meningkatkan hasil belajar bahasa inggris melalui penerapan pengajaran remedial. Jurnal Nalar Pendidikan,2(2): 223-224.

Sardiman.(2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukemi. (2013). Kurikulum 2013 Membangun Karakter Insan yang Jujur .(Online). http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/342-kurikulum-2013-membangun-karakter-insan-yang-jujur. Diakses pada tanggal 28 April 2013.

Tenriawaru, E.P. (2014). Implementasi Mind Mapping dalam Kegiatan Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 86-91.

Windura, S. (2008). Mind Map: Langkah demi langkah. Jakarta: PT. Gramedia.

Published
2019-01-17
How to Cite
Marwati, E., Andriani, D., & Kuspiyah, H. (2019). Hubungan Mind Map dan Motivasi Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP di Kabupaten OKU Timur. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(1), 1-9. https://doi.org/10.30599/jti.v11i1.350