Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja

  • Lailatul Fitriyah STKIP Nurul Huda
  • Marlina Marlina STKIP Nurul Huda di Sukaraja http://orcid.org/0000-0001-5862-5220
  • Suryani Suryani STKIP Nurul Huda
Keywords: Pendidikan Literasi, Kitab Kuning, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan literasi pada pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Nurul Huda. Teori yang digunakan adalah teori literasi Tylaar bahwa literasi meliputi empat ketrampilan berbahasa. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendidikan literasi di pontren tercermin dalam lima metode pembelajaran yaitu; makanani (terjemahan tatabahasa), bandongan (memaknai teks dengan panduan guru secara bersama-sama/kelompok besar), sorogan (presentasi individu terkait suatu materi), musyawarah (diskusi), dan muhafadoh (hafalan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T. & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah, dari Pucuk Hingga Akar, Sebuah Refleksi. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Azra, A. (2001). Pendidikan Islam Tradisional dan Modern Menuju Millenium Baru. Bandung: Mizan.

Bruinessen, M. V.(2012). Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat. Yogyakarta: Gading Publishing.

Gay, L. R, Mills, Geoffer E & Airasian, Peter W. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. Boston: Pearson education, Inc.

Kern, R. (2000). Literacyand Language Teaching. Oxfort: Oxfort University Press.

Mardiansyah, D. (2017). Pesantren Transformatif Transmigran, Studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja. Tesis. UIN Raden Fatah Palembang. Tidak dipublikasikan.

Matraji, A. U. (2008). ‘Reinveinting’ Kitab Kuning dalam Tradisi Pesantren. Jurnal Mihrab, 2(2), 92-115.

Prastowo, A. (2011). Memahami Metode-metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Raharjo, M. D. (1985). Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta: P3M.

Tilaar, H.A.R., Paat, J. Ph., & Paat, L. (2011). Pedagogik Kritis: Perkembangan, Substansi, dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Rieneka Cipta.

Wahid, M., dkk. (1999). Pesantren Masa Depan. Bandung: Pustaka Hidayah.

Wells, G. (1987). Apprenticeship in literacy. Interchange, 18(1-2), 109-123. https://doi.org/10.1007/BF01807064

Published
2019-01-24
How to Cite
Fitriyah, L., Marlina, M., & Suryani, S. (2019). Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(1), 20-30. https://doi.org/10.30599/jti.v11i1.351