Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan

  • Haza Kurnia Dinantika Universitas Lampung
  • Eko Suyanto Universitas Lampung
  • I Dewa Putu Nyeneng Universitas Lampung
Keywords: Project Based Learning, Kreativitas Siswa, Energi Terbarukan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas siswa pada materi energi terbarukan: Turbin Axis Horizontal dan Kincir Air. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPA SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, dengan sampel kelas XII  sebagai kelas eksperimen dan XII sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yaitu Posttest Only Control Group Design. Hasil penelitian diuji menggunakan Independent Sample T-Test dan Effect Size. Hasil penelitian yaitu kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata kreativitas sebesar 42% dengan kategori kurang kreatif, sedangkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran Project Based Learning memiliki nilai rata-rata kreativitas sebesar 72% dengan kategori kreatif. Hasil uji Effect Size diperoleh nilai cohen’s d sebesar 3,40 dan nilai effect size r sebesar 0,86 dengan kategori tinggi. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas siswa pada materi energi terbarukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, M., Sudarti, & Prihandono. (2015). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis pemanfaatan bahan bekas terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar mata pelajaran IPA di MTs Jenggawah. Jurnal Education, 2(1), 37-40.

Cawi, I., Marhaeni., Gede, R. (2014). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar menggambar layout dengan kovariabel kecerdasan spasial dan kecerdasan logis Matematis. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 4(1), 21-25.

Dewi, R. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA N Banguntapan. Jurnal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 2(1), 5-10.

Fikriyah. (2015). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) disertai media audio-visual dalam pembelajaran fisika di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 181-186.

Griffin, P., McGaw, B. & Care, E. (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Springer, New York.

Kurniawati. (2017). Pembelajaran SAINS bermuatan karakter ilmiah dengan alat peraga barang bekas dan assesmen kerja. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 49-59. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8866

Maula. (2014). Pengaruh PjBL (project based learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi pengelolaan lingkungan. Jurnal Universitas jawa barat, 3(2), 12-16.

Novita, D., Darmawijoyo, D., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan LKS berbasis Project Based Learning untuk pembelajaran materi segitiga di kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1-12.. http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.2.3626.1-12

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.

Sari, D. N., Sutikno, S., & Masturi, M. (2015). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa melalui elektroskop sederhana. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) , 4(1),19-24.

Scott, C.L. (2015). The Futures of Learning 2: What kind of learning for the 21st century?. Jurnal Unesco Education Research and Foresight, 14(2), 2-7.

Slameto. (2016). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaran make a match berbantu media gambar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 2-5.

Sopan, D. (2015). Upaya peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran muatan lokal batik menggunakan metode Project based learning pada siswa Kelas VIII G SMPN 1 Trucuk Kab. Klaten. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 4(2), 18-21.

Subagia,. & I Wayan. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari self efficacy siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 8-15.

Sugiarti, A. (2017). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada sub tema keberagaman budaya bangsaku. Jurnal Universitas Negeri Pasundan Bandung, 3(2), 15-24.

Titu, M. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Jurnal refleksi Edukatika, 6(1), 177-178.

Triani, W. (2015). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, 2(1), 8-9.

Widiyatmoko, A., & S. D. Pamelasari. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51-56.

Widyastuti, I. (2016). Pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan di kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Tanjungpura Pontianak. 3(1): 3-5.

Published
2019-07-26
How to Cite
Dinantika, H., Suyanto, E., & Nyeneng, I. D. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 73-80. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.473