Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Terbarukan

Authors

  • Kintanisa Dinanti Putri Universitas Lampung
  • Eko Suyanto
  • I Dewa Putu Nyeneng

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.474

Keywords:

Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Energi Terbarukan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi energi terbarukan. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII MIPA4 yang menjadi kelas eksperimen dan XII MIPA5 menjadi kelas kontrol di SMA Negeri 3 Kotabumi menggunakan Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan skor T-Test rata-rata nilai sig yang diperoleh adalah 0,000 dimana nilai sig lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak. Hasil uji effect size  yang diperoleh dari perhitungan cohen’s d sebesar 2,34 dan hasil nilai effect size  r diperoleh sebesar 0,76 artinya penerapan model pembelajaran kontekstual berpengaruh cukup tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderiani, I. S., Dujin, T., dan Arsyid, S. B. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Strategi Pembelajaran dan Lks Berbasis Predict-Observe-Explain Di Smp. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(6), 3-12.

Azmi, M. K., Rahayu. S., dan Hikmawati. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2), 86-94.

Ekowati, C., Darwis, M., Upa, H., dan Tahmir, S. (2015). The Application of Contextual Approach in Learning Mathematics to Improve Students Motivation At SMPN 1 Kupang. Jurnal International Education Studies. 8(8), 81-86.

Fatmala, N.T. ( 2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pendidikan Fisika. 2-12.

Fayakun, M., dan Joko, P. 2015. Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) dengan Metode Predict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 11(1), 9-10.

Hendra, N., Hamdi., Nurhayati (2015). Pengaruh LKS Berorientasi Model Picture And Picture Dalam Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 1 X Koto Singkarak. Jurnal Phillar of Physics Education. 6(2), 6-12.

Ningsih, A. P. S., Andinasari, dan Sugiarti. (2017). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Berbasis Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Science Education Journal. 1(2), 64 -72.
Priyono, S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Karangjati. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9(5), 8-13.

Qisthy, F. M. A., Sukardi, F., dan Tarmudji, T. (2012). Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pokok Bahasan Permintaan, Penawaran, dan Terbentuknya Harga Pasar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. Economic Education Analysis Journal. 1(2), 1-6.

Setyorini, W. dan Dwijananti, P. (2014). Pengembangan LKS Fisika Terintegrasi Karakter Berbasis Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Unnes Physics Education Journal. 3(3), 63-71.

Situmorang, R. dan Sitinjak, L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Fluida Dinamis Semester Genap Kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.P 2012/2013. Jurnal Inpafi. 3(2), 150-157.

Syahbana, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis M atematis Siswa Smp. Journal Edumatica, 2 (2), 17-26.

Wati, R., Rusmansyah., dan Sholahuddin, A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin pada Konsep Sistem Koloid melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Vol. 5. No. 2. . 20-31.

Widiastuti, U. (2017). Taksonomi Bloom Revisi dalam Penyusunan Soal Kaidah Bahasa Indonesia. Di dalam: Pengembangan Kemahiran Berbahasa Indonesia, Prosiding Ceramah Ilmiah dan Seminar Nasional; 1 Agustus 2017, Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2019-07-27

How to Cite

Putri, K. D., Suyanto, E., & Nyeneng, I. D. P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Terbarukan. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 87–93. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.474
Abstract Views: 3252 | File Views: 2099