Pengaruh Penerapan Model Argument Driven Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar

  • I Kadek Irfando Dwikki Sadewa Universitas Lanpung
  • Undang Rosidin Universitas Lampung
  • I Wayan Distrik Universitas Lampung
Keywords: Argument Driven Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis, Gaya Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP berdasarkan perbedaan gaya belajar. Sampel penelitiannya, yaitu siswa kelas VIIIA dan VIIIC SMP Negeri 1 Seputih Banyak. Penelitian menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain faktorial 2x3. Data dianalisis dengan uji Two Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata pretest kelas eksperimen dan kontrol yaitu 25,38 dan 17,31. Setelah penerapan model ADI pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh rerata postest 60,86 dan 42,26. Berdasarkan hasil uji Two Way Anova model pembelajaran diperoleh nilai Sig. yaitu 0,000, maka terdapat pengaruh signifikan model ADI terhadap berpikir kritis siswa. Selanjutnya, nilai Sig. gaya belajar yaitu 0,011 berarti terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis ketiga tipe gaya belajar menggunakan model ADI. Hasil interaksi model pembelajaran dengan gaya belajar diperoleh nilai Sig. yaitu 0,017, sehingga terdapat interaksi antara model ADI dengan gaya belajar dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspirani, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Hidrolisis Garam di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mare). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 18(2), 56-65.

Ennis, RH. (2011). The Nature Of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. [Online]. Tersedia: http://faculty.ed.uiuc.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf.

Fadila, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Argument Driven Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP berdasarkan Perbedaan Tipe Kepribadian. Journal of Komodo Science Education, 1(1), 39-52

Permendikbud. (2016). Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA SMP/MTS. Jakarta

Phelps, W. (2012). Argument-Driven Inquiry as a way to help students learn how to participate in scientific argumentation and craft written arguments, an exploratory study. Science Education, 95(2), 217-257.

Sampson, V., & Gleim, L. (2009). Argument-driven inquiry to promote the understanding of important concepts & practices in biology. The American biology teacher, 71(8), 465-472.

Harie, S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Biologi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3): 257-267.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sularso, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Bio-Pedagogi, 4(2), 1-4.

Sutrisno. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS dengan Pendekatan Savi Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(7).

Published
2020-01-14
How to Cite
Sadewa, I. K. I., Rosidin, U., & Distrik, I. W. (2020). Pengaruh Penerapan Model Argument Driven Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 12(1), 14-23. https://doi.org/10.30599/jti.v12i1.571