Analisis Keterampilan Menulis Karangan Narasi Tema Aktivitasku Saat Libur Sekolah Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pandansari Tahun Ajaran 2018/2019

  • Mauludia Pangastuti STKIP PGRI TULUNGAGUNG
  • Nourma Oktaviarini STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Abstract

Analisis keterampilan menulis karangan narasi tema aktivitasku saat libur sekolah siswa kelas V SD Negeri 2 Pandansari tahun ajaran 2018/2019. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis keterampilan menulis karangan siswa dengan tema kativitasku saat libur sekolah. Jenis penelitian ini yaitu kulitatif, data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berupa deskriptif tentang keterampilan menulis karangan narasi siswa.. Subjek dalam peneitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri dari 10 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancar, lembar tes dan dokumentasi. Berdsarkan hasil menulis karangagn narasi siswa kelas V menunjukkan angka 209 dengan prosentase 65% dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil menulis karangan narasi siswa dengan kategori cukup maka dapat disimpulkan siswa hendaknya lebih berlatih lagi dalam menulis dengan baik.

Keywords: karangan narasi, keterampilan menulis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalman.(2016). Keterampilan Menulis.Jakarta : Rajawali Pers
Jamaris, Martini. (2015). Kesulitan Belajar. Jakarta : Ghalia Indonesia
Sugiono, (2015).Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
S. R. Ahmad., dkk. (2015). Mudah Menguasai Bahasa Indonesia. Bandung: CV Yrama Widya.
Yulianti, Retno. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Pop-Up Book Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kedunglegok Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2015/2016.Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2019-08-19
How to Cite
Pangastuti, M., & Oktaviarini, N. (2019). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Narasi Tema Aktivitasku Saat Libur Sekolah Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pandansari Tahun Ajaran 2018/2019. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 1(2), 48-51. https://doi.org/10.30599/jemari.v1i2.509
Section
Articles