Analisis Keterampilan Menulis Karangan Narasi Tema Aktivitasku Saat Libur Sekolah Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pandansari Tahun Ajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.30599/jemari.v1i2.509Keywords:
karangan narasi, keterampilan menulisAbstract
Analisis keterampilan menulis karangan narasi tema aktivitasku saat libur sekolah siswa kelas V SD Negeri 2 Pandansari tahun ajaran 2018/2019. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis keterampilan menulis karangan siswa dengan tema kativitasku saat libur sekolah. Jenis penelitian ini yaitu kulitatif, data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berupa deskriptif tentang keterampilan menulis karangan narasi siswa.. Subjek dalam peneitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri dari 10 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancar, lembar tes dan dokumentasi. Berdsarkan hasil menulis karangagn narasi siswa kelas V menunjukkan angka 209 dengan prosentase 65% dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil menulis karangan narasi siswa dengan kategori cukup maka dapat disimpulkan siswa hendaknya lebih berlatih lagi dalam menulis dengan baik.
Downloads
References
Jamaris, Martini. (2015). Kesulitan Belajar. Jakarta : Ghalia Indonesia
Sugiono, (2015).Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
S. R. Ahmad., dkk. (2015). Mudah Menguasai Bahasa Indonesia. Bandung: CV Yrama Widya.
Yulianti, Retno. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Pop-Up Book Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kedunglegok Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2015/2016.Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.