Analisis Kemampuan Bercerita Siswa dengan Metode Kerja Kelompok Kecil Siswa Kelas III Tema 6 Energi dan Perubahannya di SD Negeri 02 Penjor Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019

Authors

  • Azaz Uddin STKIP PGRI TULUNGAGUNG
  • Nourma Oktaviarini STKIP PGRI TULUNGAGUNG

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v1i2.510

Keywords:

Bercerita, Kemampuan Bercerita, Metode Kerja Kelompok Kecil

Abstract

Analisis kemampuan bercerita siswa dengan metode kerja kelompok kecil siswa kelas iii tema 6 energi dan perubahannya di sd negeri 02 penjor kecamatan pagerwojo kabupaten tulungagung tahun ajaran 2018/2019 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan bercerita siswa kelas III SD Negeri 02 Penjor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 17 siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan obsevasi. Hasil penelitian menunjukan hasil perhitungan keseluruhan kemampuan bercerita siswa kelas III di SD Negeri 02 Penjor menunjukkan angka 501 dengan prosentase sebesar 84% dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil bercerita siswa dengan kategori “sangat baik” maka pembelajaran keterampilan bercerita dengan menggunakan model pembelajaran kerja kelompok kecil ini dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik dalam menggunakan dan mengucapkan kalimat dengan bahasa Indonesia dan dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo.
Ahmadi, Abu. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Bandung.
Bachir, Bachtiar S. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak dan Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdiknas.
Moleong, J. Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2007. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-08-19

How to Cite

Uddin, A., & Oktaviarini, N. (2019). Analisis Kemampuan Bercerita Siswa dengan Metode Kerja Kelompok Kecil Siswa Kelas III Tema 6 Energi dan Perubahannya di SD Negeri 02 Penjor Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 1(2), 41–47. https://doi.org/10.30599/jemari.v1i2.510
Abstract Views: 1322 | File Views: 1157