Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020

Authors

  • Makhmuri Makhmuri STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Nesi Anti Andini STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.541

Keywords:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

 

 Motivasi adalah kekuatan baik dari dalam maupun dari luar yang mendorong seseorang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Motivasi merupakan faktor pendorong suksesnya pembelajaran dengan baik, karena tanpa adanya motivasi belajar yang tinggi, proses pembelajaran akan terhambat sehingga siswa tidak akan serius dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswa akan menurun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah siswa/siswi SD Negeri Panca Tunggal sebanyak 305 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal sebanyak 55 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Variabel yang diteliti yaitu motivasi belajar (X) dengan hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Hasil Penelitian Persentase motivasi belajar siswa yang paling tinggi adalah adanya hasrat dan cita-cita masa depan dan adanya penghargaan dalam belajar sebesar 20%. Kategori Motivasi Belajar siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal masuk dalam kategori sedang sebesar 52,7% sebanyak 29 siswa. Persentase hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal rata-rata dengan nilai 70 sebesar 32,7% sebanyak 18 siswa. Kategori hasil belajar siswa masuk dalam kategori sedang sebesar 69,1% sebanyak 38 siswa. Uji hipotesis yang dilakukan dengan uji OneSampel T test, maka diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000.Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak. Sedangkan nilai thitung motivasi belajar sebesar 38,932 dan thitung hasil belajar sebesar 36,168 lebih besar dari ttabel = 2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil Uji Regresi Liniear Sederhana diperoleh bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina,Lilik, Rustiyarso, Okiana. 2015. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Di Sma”. Pontianak : FKIP Untan.
Arikunto, Suharsini. 2014. Prosedur Penelitian Menurut Pendekatan Praktis. Jakarta : Reneka Cipta.
Bagus, I Gusti Darmawan. 2016. Pengaruh Motivasi Belaajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Menggambar Bangunan SMA Negeri 1 Seyegan. Yogyakarta : Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Djamarah , Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Dalyono, Muhammad. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya.
Fathurrohman dkk. 2010. Setrategi Belajar Mengajar. Bandung : Refika Aditama.
Hanifah, Nanang Dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditiya.
Hidayah, Ana. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Jati Kebupaten Cirebon. Cirebon : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Kesumawati, Nila Dan Ichwan Aridanu. 2018. Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang : NoerFikri Offset.
Martono, Nanang. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rinieka Cipta.
Malik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Mutamainah, Mut’ah. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Study Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts N 19 Jakarta. Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Nasir, Muhammad. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Natanael, Yonatan. 2014. Belajar Otididak SPSS Pasti Bisa. Jakarta : PT Elex Media Kompuffindo.
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan, Adun Rusyana, dan Enas. 2013. “ Cara Mudah Belajar SPSS dan Aplikasi Statistik Penelitian”. ALFABETA.
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2016. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta, PT Raja Grafindo.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning (teori dan aplikasi PAIKEM). Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta, Kencana Prenada.
Sofiyan Siregar, Sofyiyan, 2015. Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung, Alfabeta.
Uno, B Hamzah. 2017. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Warti, Elis. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jakarta : STKIP Kusuma Negara.
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Cakrawala Media.

Downloads

Published

2020-02-05

How to Cite

Makhmuri, M., & Andini, N. A. (2020). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), 21–29. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.541
Abstract Views: 2511 | File Views: 1889