Gaya Belajar Siswa Berprestasi Akademik Peringkat 1, 2 Dan 3 Dalam Kegiatan Pembelajaran di SDN Tawang Rejo Tahun Ajaran 2019/2020

  • dewi novia lestari dewi novia lestari stkip nurul huda
Keywords: Gaya Belajar Siswa, Berprestasi Akademik

Abstract

“GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK PERINGKAT 1, 2 DAN 3 DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI TAWANG REJO TAHUN AJARAN 2019/2020”
Oleh
DEWI NOVIA LESTARI
Nomor Induk Mahasiswa 1586232012
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR
SUMATERA SELATAN
2019

 

ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya mengetahui gaya belajar siswa yang dimiliki oleh setiap siswa, terutama siswa yang berprestasi akademik. Sehingga keselarasan antara gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa dapat seimbang dan dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Salah satunya yaitu di SDN Tawang Rejo telah diketahui tentang gaya belajar VAK sehingga guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar tersebut.
Subjek penelitian ini adalah siswa berprestasi akademik peringkat 1, 2 dan 3 di Sekolah Dasar Negeri Tawang Rejo Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik (vak) dan kecenderungannya pada peserta didik berprestasi akademik.
Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna dan merangkum data yang sudah diperoleh dan menarik kesimpulan dari analisis data yang telah diperoleh. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa berprestasi akademik peringkat 1, 2 dan 3 Sekolah Dasar Negeri Tawang Rejo merupakan kombinasi gaya belajar vak. Komposisi dan kecenderungan gaya belajar peserta didik berprestasi akademik berbeda. Dari 12 siswa yang menjadi subjek penelitian, enam anak (kelas rendah) memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan kinestetik serta enam anak (kelas tinggi) memiliki kecenderungan gaya belajar auditori dan kinestetik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman. (2013). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
Arifin Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.
Azwar Saifuddin. (2010). Pengantar Psikologi Intelegensia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B. Uno Hamzah. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Bobbi & Mike H, DePorter. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Penyunting: Sari Meutia. Bandung: Kaifa.
Eka Izzaty Rita, dkk. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Ekowati Novia. (2010). Hubungan Antara Intelegensi dengan Prestasi Belajar Matematika pada Kelas IV Sekolah Dasar Condong Catur Yogyakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. FIP UNY.
Gunawan Adi W (2010). Genius Learning Strategy. Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Malcom J. Nicholl Colin Rose.(2011). Gaya Belajar Anak.Jakarta:Sinar Abdi.
Moleong Lexi J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Risnawati dan Ghufron. (2014). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Penyunting: Sari Meutia. Bandung: Kaifa.
Rohman Arif. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang MediatamaCipta.
Sohari Sahrani dan Popi Sopiatin. (2011). Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sudjana Nana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugihartono dkk. (2010). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno Paul. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Kanisius.
Sutapa Mada. (2010). Organisasi Pendidikan Buku Pegangan Kuliah. FIP UNY.
Syah Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thomas L, Madden. (2002). Fire Up Your Learning: Bangkitkan Semangat Belajar Anda, Petunjuk Belajar yang Dipercepat untuk usia 12 Tahun ke Atas. Penerjemah: Ivonne Suryana. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Thomas L, Madden. (2010). Fire Up Your Learning: Bangkitkan Semangat Belajar Anda, Petunjuk Belajar yang Dipercepat untuk usia 12 Tahun ke Atas. Penerjemah: Ivonne Suryana. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Zuriah Nurul. (2010). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, TeoriAplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sofiyan Siregar, Sofyiyan, 2015. Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung, Alfabeta.
Uno, B Hamzah. 2017. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Warti, Elis. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jakarta : STKIP Kusuma Negara.
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Cakrawala Media.
Published
2020-02-07
How to Cite
dewi novia lestari, dewi novia lestari. (2020). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Akademik Peringkat 1, 2 Dan 3 Dalam Kegiatan Pembelajaran di SDN Tawang Rejo Tahun Ajaran 2019/2020. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), 48-53. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/jemari/article/view/542