PERMASALAHAN PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS HIPERAKTIF DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI MARTAPURA

  • lisa roniyati STKIP NURUL HUDA SUKARAJA
Keywords: PERMASALAHAN PROSES PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS HIPERAKTIF HIPERAKTIF

Abstract

ABSTRAK

 

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya mengetahui permasalahan proses pembelajaran anak hiperaktif dan bagaimana cara penanganan yang dilakukan oleh guru. Karena setiap anak pasti menggalami banyak permasalahan pembelajaran tidak hanya anak normal namun anak berkebutuhan khusus sangat rentang dalam permasalahan yang mereka hadapi pada proses pembelajaran. Salah satunya yaitu di SLB Negeri Martapura kabupaten OKU TIMUR. Telah diketahui beberapa cara yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan proses pembelajaran pada anak hiperaktif, yaitu dengan menggunakan pendekatan, metode dan media yang menggunakan benda konkrit.

Subjek penelitian ini adalah guru kelas, guru khusus, orang tua dan kepalas sekolah untuk mengetahui permasalahn proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus hiperaktif di SLB Negeri Martapura Kabupaten OKU TIMUR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus hiperaktif.

         Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan dan merangkum analisis data yang diperoleh. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan yang dialami anak hiperaktif adalah konsentrasi, ketenangan siswa dan emosional siswa yang sulit terkontrol. Maka diperlukan nya pendekatan yang lebih dilakukan oleh guru khusus dan guru kelas. Dari 4 siswa semua menjadi subjek penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Komariah dan Djam’an Satori. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; Alfabeta, 2014.
Amalia Sapriati,dkk. Metode Pembelajaran. Universitas Terbuka,2010.
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Putra.
Damayanti, P.A. 2015. Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB).Semarang. Canopy : Journal Of Architecture,4 (2).
Denny Setiawan. Metode Dan media pembelajaran SD. Jakarta: Universitas Terbuka,2010.
Frieda Mangunso. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebuhan Khusus.Jakarta: Universitas Indonesia,2010.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Jati Rinakri Atmaja. Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA,2018.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Nur’aeni. 2017. Buku Ajar Psikologi Pendidikan Anak BERKEBUTUHAN .Khusus.Purwokerto:UM Purwoketo Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukma dinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Suyanto . 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Tentama, F. 2009. Peran orangtua dan guru dalam menangani perilaku hiperaktifitas pada anak ADHD di SLB Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Kesmas,3(1),51-57.
Zuhairi, et.al. 2016. Pedoman Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers. https://almanhaj.or.id diunduh pada 18 agustus 2019
Published
2020-02-07
How to Cite
roniyati, lisa. (2020). PERMASALAHAN PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS HIPERAKTIF DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI MARTAPURA. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), 40-47. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/jemari/article/view/547