Penerapan Strategi Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Peserta Didik Di Sekolah Dasar

  • Fajar Fahrur Rozi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Pratik Hari Yuwono Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Agung Nugroho Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diripeserta didik pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita melalui strategi Rotating Trio Exchange (RTE). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah Peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kebakalan yang berjumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi sikap percaya diri peserta didik danĀ  skala sikap. Hasil penelitian sikap percaya diri peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 3,02, mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 3,5. Peningkatan ini juga didukung dengan hasil observasi sikap percaya diri peserta didik dengan persentase siklus I sebesar 63% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 86%, artinya sikap percaya diri peserta didik sudah sangat baik saat proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar peserta didik tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kebakalan Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara.

Keywords: Strategi Rotating Trio Exchange (RTE), Percaya Diri, Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Novianingsih. 2016. Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2,2

Oktaviany, N. Penerapan Model Pembelajaran Tipa Rotating Trio Exchange (RTE) dengan Menggunakan Media Kartu Arisan pada Kompetensi Dasar Sambungan Kayu Peserta Didik Kelas X Keterampilan Kayu SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. vol 2,2

Suryabrata, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Yuliyati, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 4,2
Published
2019-07-01
How to Cite
Rozi, F., Yuwono, P., & Nugroho, A. (2019). Penerapan Strategi Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Peserta Didik Di Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 1(2), 71-77. https://doi.org/10.30599/jemari.v1i2.548
Section
Articles