Penerapan Strategi Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Peserta Didik Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30599/jemari.v1i2.548Keywords:
Strategi Rotating Trio Exchange (RTE), Percaya Diri, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diripeserta didik pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita melalui strategi Rotating Trio Exchange (RTE). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah Peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kebakalan yang berjumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi sikap percaya diri peserta didik dan skala sikap. Hasil penelitian sikap percaya diri peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 3,02, mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 3,5. Peningkatan ini juga didukung dengan hasil observasi sikap percaya diri peserta didik dengan persentase siklus I sebesar 63% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 86%, artinya sikap percaya diri peserta didik sudah sangat baik saat proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar peserta didik tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kebakalan Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara.
Downloads
References
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Novianingsih. 2016. Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2,2
Oktaviany, N. Penerapan Model Pembelajaran Tipa Rotating Trio Exchange (RTE) dengan Menggunakan Media Kartu Arisan pada Kompetensi Dasar Sambungan Kayu Peserta Didik Kelas X Keterampilan Kayu SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. vol 2,2
Suryabrata, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Yuliyati, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 4,2