Implementasi Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Sederhana Kelas III SDN 01 Tulus Ayu

Authors

  • Amalia Nur Arifah stkip nurul huda
  • Sholeh Hasan STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Sri Enggar Kencana Dewi STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.574

Keywords:

media gambar, kemampuan menulis

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak pada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Agar memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya.

Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis paragraf sederhana yang selama ini belum sesuai harapan masih terdapat peserta didik yang tidak menghiraukan pembelajaran khususnya kemampuan dalam menulis paragraf dengan menggunakan media gambar dari kondisi ini terlihat bahwa kemampuan peserta didik masih sangat kurang untuk itulah kemudian dicari penyebab dan berikut solusinya. Untuk itulah digunakan media gambar untuk pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis paragraf sederhana.

Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental.

Penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis paragraf sederhana Bahasa Indonesia di kelas III SDN 01 T ulus Ayu.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar belakang kelas III SDN 01 Tulus Ayu. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan : proses pembelajaran di SDN 01 Tulus Ayu pada awalnya trasa menunjemukan mulai dapat diatasi dengan penggunaan media gambar karena dengan penggunaan media gambar pemahaman siswa terhadap pembuatan paragraf sederhana dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mulai meningkat. Terbukti adanya ketertarikan dari media gambar perubahan kemampuan siswa dalam membuat paragraf sederhana di kelas III dapat meningkat dapat dilihat dari proses pembentukan kemampuan menulis paragraf sebelum menggunakan media gambar dan proses pembentukan menulis paragraf setelah menggunakan media gambar yaitu : nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 70, sedangkan sebelum menggunakan media gambar diperoleh sebesar 41,6 dan sesudah menggunakan sebesar 75%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharmi, 2010. Metodologi penelitian Kuantitatif, Bandung. Alfabeta
Cahyani Isah, (2012) Mari Belajar Bahasa Indosesia, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
Cahyani Isah, (2012) Mari Belajar Bahasa Indonesia, Jakarta: Direktorat jendral pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
Depdikbud. Pedoman Proses Belajar Mengajar di SD. ( Jakarta: Proyek Pembinaan Sekolah Dasar 1999)
Guba dan Lincoln (2007) metodologi penelitian. San fransisco: Jossey-bass publisers
Hastuti,mediagambar
https://www.google.com/search?output=search&sclient=psyab&q=uin+suka&btnK=#q=media+gambar+hastuti
Hamalik Oemar.(1994) Media pendidikan. Bandung: Cipta Adiya Bakti
https://www.google.com/#q=daftar+pustaka+sumarni+2006. Diakses tanggal 13 mei 2019
https://www.google.com/#q=buku+Rusyana+1986Diakses Tanggal 13 Mei 2018
https://www.google.com/#q=buku+Rusyana+1986 Diakses Tanggal 13 mei 2018
https://www.google.com/#q=buku+Rusyana+1986 Diakses Tanggal 13 April 2014
Media pembelajaran (online) http://.upi.edu.16 april 2014
Miles dan huberman. (1992) analisis data kualitatif. (penerjemah: Bandung Tarsiti)
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2003) Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algasindo
Nurhadi, Tata Bahasa Pendidikan, (1995) Semarang: IKIP Semarang Press.
Rusman, (2014) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sabari Akahadiah Dkk (1993) Bahasa Indonesia 1, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Pendidikan.
Sadiman Arief S, M.Sc.Dkk,(2010) Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono,(2015) metodologi penelitian,kuantitatif. Bandung: Alfabeta,CV
Sagala Syaiful,(2009) Teori Pembelajaran. Bandung : alfabeta
Sakri Ajat,( 1998), Belajar Menulis Lewat Paragraf. Bandung: ITB.
Soekidjo. 2005. Pengertian Sampel. Bandung:ITB
Tarigan Henry Guntur ( 1981) Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Penerbit Angkasa.
Wijaya Cece dan A. Tabrani Rusyan. (1994) Kemampuan Dasar guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
W.J.S Poerwadarinta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, ( Jakarta: Balai Pustaka 1973)

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Arifah, A. N., Hasan, S., & Kencana Dewi, S. E. (2020). Implementasi Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Sederhana Kelas III SDN 01 Tulus Ayu. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), 8–12. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.574
Abstract Views: 1314 | File Views: 1146