Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Tema 2 Kelas V SD N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur

Authors

  • Ari Setiawan stkip nurul huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.575

Keywords:

Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Design penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Nusa Bakti sebanyak 198 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Variabel yang diteliti yaitu model pembelajaran CTL (X) dengan hasilbelajar (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian persentase model CTL terhadap hasil belajar kelas V kategori tinggi pembelajaran 1 sebesar 15,0%, kategori sedang sebesar 75,0%, kategori rendah sebesar 10,0%. Persentase hasil belajar siswa kelas V nilai rata-rata kelas eksperimen pembelajaran 1 sebesar 80,20%. Uji hipotesis yang dilakukan dengan uji One Sampel t Test, maka diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Karenanilaisignifikan < 0,05, maka Ho ditolak. Sedangkan nilai thitung hasil belajar sebesar 15.968 > ttabel 2,086l sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisa data dengan menggunakan uji regresi linier menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran CTL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Karim. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL(Contextual Teaching and Learning) di SMP N 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Jurnal Imiah Pendidikan. 7 (2): 144-152.

Adi Yuniarta, dkk. (2012). Pengembangan Perangkat Visualisasi Komputer Sistem Akuntansi Berbasis ICT (Information Communication Technology) dengan Model Pembelajaran Berpendekatan CTL.Jurnal Pendidikan Indonesia. 1 (1): 53-64.

Adisusilo, Sutarjo. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Agustiya, Faudany. dkk. (2017). Influence of CTL Model by Using Monopoly Game Media to The Students’ Motivation and Science Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan. 6 (2): 114-119.

Akhyar, S. (2006). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Cita Pustaka.

Ariani, Dewi dan Siswanto, Wahyudi.(2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita Buku Panduan Untuk Guru Ketika Mengajar Menulis Cerita.Malang: Rafika Aditama.

Arianto. (2011). The Implementation Of Contextual Teaching And Learning In Teaching English.Jurnal Imiah Pendidikan. 1 (2): 71-78.

Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran.Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Menurut Pendekatan Praktis. Jakarta: Reneka Cipta.
Bandono.(2008).Menyusun Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning-CTL.Tersediapada http://bandono.web.id/(diakses 07 September 2010).

Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Erlangga.

Dalyon, M.(2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, Deni. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya Dimyati.

Depdiknas.(2014). Modul Pembelajaran SPSS Workshop 2014 Tutorial.WCHRI: University of Alfaberta.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan SMA-Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah. (2013). Panduan Pelaksanaan Pengimbasan Implementasi Kurikulum 2013 SMA.Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA-Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fadillah, Anissa. dkk. (2017). The effect of application of contextual teaching and learning (CTL) model-based on lesson study with mind mapping media to asses student learning outcomes on chemistry on colloid systems grade XI of SMA N 1 Sunggal. International Journal of Science and Applied Science Conference Series.1 (2): 101-108.

Fariyatul Fahyu, Eni dan Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran.Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Fathurrohman. (2010). Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Refika Aditama.

Faudany, dkk.(2017). Influence of CTL Model by Using Monopoly Game Media to The Students’ Motivation and Science Learning Outcomes.Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2 (6): 114-119.

Hadiyanta, Nur. (2013). Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas X MAN.Jurnal Kependidikan. 43 (1): 32-38.
Hamdani. (2011).Strategi belajar mengajar. Pustaka Setia: Bandung.

Hamruni.(2011). Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Insan Madani.

Hanifah, Nanang Dan Cucu Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung: Refika Aditiya.
Hidayat, Ara. (2012). Pengelolaan Pendidikan.Bandung: Kaukaba.

Ihsan, Fuad. (2013).Dasar-Dasar Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Jamalia.(2018). Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 104/IX Kedemangan.Jurnal Ilmiah Kependidikan. 9 (1): 82-89.

Jarvis, Matt. (2011). Teori-teori Psikologi. Bandung: Nusa Media.

Johar, R. dkk. (2018). The development of learning materials using contextual teaching learning (CTL) approach oriented on the character education. International Journal of Science and Applied Science Conference Series.3 (1): 11-15.

Kesumawati, Nila dan Ichwan Aridanu.(2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan.Palembang: Anggota IKAPI.

Kumala, Farida Nur. (2016).Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang:Edide Infografika.

Kunandar.(2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum.Bandung: Kaukaba.
Kurinarsih, Imas dan Berlin Sani.(2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan.Surabaya: Kata Pena.

Kuspina Pandu Winata, dkk. (2018). Influence of CTL Approach To Improve Critical Thinking Skills and Social Study Learning Outcomes In Primary School.Jurnal Imiah Pendidikan. 212 (2): 240-243.

Kusumadewi, dkk. (2013). Keefektifan CTL Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Segiempat.Jurnal Ilmiah Pendidikan. 4 (1): 57-63.

Machali, Imam. (2016). Statistik Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Anggota IKAPI.

Mardianto. (2009). Psikologi Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Masni. (2017). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan.Jurnal Imiah Pendidikan. 2 (1): 362.

Merdeka Wati, Nila. (2015). Pengaruh Penerapan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Negeri 1 KebonDalem Lor. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Motondang, Zulkifli. (2011). Pengujian Normalitas Data.Medan: PPs Universitas Medan.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sih Nugraheni,Rini Ayu. (2015). Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IVdi SD Negeri Selang Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusman. (2010).Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sabri, Ahmad. (2010). Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching.Ciputat: Quantum Teaching.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain System Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2011). Kurikulum dan Pembelajara.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, Maya. (2018). Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching and Learningterhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa di Kelas V Mis Nurul Fadhilah Percut Sei Tuan). Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Sofiyan Siregar, Sofyiyan.(2015). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian.Jakarta: Raja Grafindo.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. (2010).Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno.(2006). Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Suyanto, Kasihani K.E. (2009). Model Pembelajaran.Malang: Universitas Negeri Malang.

Syarif Sumantri, Mohamad. (2016).Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktik Ditingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ratumanan.(2002). Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

R. Johar, Agussalim, dkk. (2018). The development of learning materials using contextual teaching learning (CTL) approach oriented on the character education.Jurnal Ilmiah Pendidikan. (1): 1-6.

Riduan. (2010).Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman.(2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Rusman.(2012). Model-Model Pembelajaran dan Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rosita. (2013). Improving Learning Mathematics Quality Through Cooverative Model-Based Contextual.Jurnal Imiah Pendidikan. 1 (2): 181-192.

Ruyan, Tabrani. (1994). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosidakarya.

Tim Tunas Karya Guru. (2013).Kreatif Ilmu Pengetahuan Alam.Jakarta: Penerbit Duta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran:Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trihenradi, Cornelius. (2013). Step by step IBM SPPS 21. Yoyakarta: Andi Offset.

Warsiti. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Konsep Dasar IPA 1 padaMahasiswa Program S1 PGSD Kampus Kebumen FKIP.Begawan Jurnal Pendidikan. Volume 02 Tahun 2013.

Wulandari, Putri. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN 8 Bandar Lampung.Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Zuldafrial. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Cakrawala Media.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Setiawan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Tema 2 Kelas V SD N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 108–119. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.575
Abstract Views: 3791 | File Views: 2700