pengaruh perhatian orang tua dalam kegiatan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri nusa tunggal kecamatan belitang III

  • indah septiya rini stkip nurul huda
Keywords: Perhatian Orang Tua:, Prestasi Belajar

Abstract

Perhatian orang tua memiliki pengaruh psikologis yang kuat dalam kegiatan belajar anak. Anak cenderung akan giat dan sungguh-sungguh dalam belajar karena merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Sehingga dapat dikatakan bahwa kurang maksimalnya prestasi belajar yang dicapai siswa, dikarenakan pengaruh dari kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak di rumah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dalam kegiatan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Nusa Tunggal Kecamatan Belitang III.Penelitian ini menggunakan ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, dokumentasi dan angket dengan menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Populasi penelitian ini yaitu 146 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Non Random Sampling atau sampel otomatis. Pengambilan sampel dapat dilakukan hanya mengambil nomor ganjil saja dan mendapatkan sampel sebanyak 24 siswa. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 16. Teknik pengujian hipotesis menggunakan teknik validitas dan reliabilitas, dan uji prasyarat yaitu menggunakan uji one sample t test dan regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Nusa Tunggal dengan hasil yang menunjukkan bahwa signifikansi (Sig.) 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, hipotesis (Ho) ditolak sedangkan (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa besarnya perhatian orang tua angat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Nusa Tunggal Kecamatan Belitang III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu, Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.
Azizah, Siti Nur. 2009. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 2 Temon Kulon Progo Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi . Universitas Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Faruq, Iqbal Ahnaf Fi. Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Anak Kelas IV di MI Miftahul Huda Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
Humairah, Andi Eliyah. 2016. Pengaruh Pethatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa di SD Negeri Minasa UPA Kota Makassar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Mawarsih, Siska Eko. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Universitas Sebelas Maret.
Nusaibah. 2016. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDN 05 Pagi Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Skripsi. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Rifa’I, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang : UNNES Press.
Rismawati, Kartika. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD di Daerah Binnan III Kecamatan KandangSerang Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Saraswati, Suci. 2016. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kupang Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2006. Skripsi. Universitas Lampung.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kominasi. Bandung : Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
Zain, Meilani. 2018. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri1 Labuhan Haji Aceh Selatan. Skripsi. Universitas Negeri Ar-RANIRY BandaAceh
Published
2020-07-22
How to Cite
rini, indah. (2020). pengaruh perhatian orang tua dalam kegiatan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri nusa tunggal kecamatan belitang III. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 96-107. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.582
Section
Articles