Analisis Kerja Sama Guru Dengan Orang Tua dalam Pembelajaran Online di Era Covid 19 di MI Azizan Palembang

Authors

  • mutia dewi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.661

Keywords:

Kerja sama guru dengan orang tua, Pembelajaran jarak jauh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kerja sama guru dengan orang tua dalalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona, yang menjadi pendukung, penghambat dan solusi yang dapat diberikan dalam pembelajaran jarak jauh yang di laksankan. Dalam memperoleh data Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Azizan dengan media hanphone android untuk berkomunikasi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi secara tidak langsung dengan cara mendengar dan melihat butki outentik, waawancara via telphone, dan dokumentasi via handphone android melalui whatshapp dan Facebook sebagi media untuk mendapatkan data. Hasil penelitian guru dan orang tua siswa melaksanakan pembelajaran jarak jauh via media yang digunakan yaitu Whatshap, Televisi Republik Indonesia (TVRI), Zoom Meeting, Facebook, Vedeo, Email, dan Telephone . sedangkan untuk pendukung pelaksanaannya orang tua yang tetap stay di rumah/tidak mudik, akses internet yang mendukung, lokasi orang tua dekat dengan guru, latar belakang pendidikan orang tua, dan memiliki komitmen untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penghambat Pelaksanaan Pembelajaran jarak jauh yaitu Ekonomi Orang tua, kurang pemahaman pemanfaatan aplikasi di android dan jarak jauh dengan guru. Solusi yang diberikan komunikasi via telphone secara intensif selama menyangkut pembelajaran dan bakti sosial untuk membantu sesama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati,2015. Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta,
Carol Mutch and Sandra Collins. Partners in Learning: Schools’ Engagement With Parents, Families, and Communities in New Zealand. School Community Journal, 2012, Vol. 22, No. 1, 168.
Dian Erika Nugraheny, Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebaran 107 Kasus Baru Covid-19: NTB dan Sumsel Catat Kasus Pertama", kompas.com/read/2020/03/24/16512781/sebaran-107-kasus-baru-covid-19-ntb-dan-sumsel-catat-kasus-pertama.di akses pada 28 Maret 2020
Gloria Setyvani Putri, Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Berada di Rumah Bisa Selamatkan Hidup dari Pandemi Covid 19?", kompas.com/sains/read/2020/03/16/200200923/kenapa-berada-di-rumah-bisa-selamatkan-hidup-dari-pandemi-covid-19.di askes pada 28 Maret 2020
Kemendikbud, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19 di akses pada
Chatarina Muliana Girsang, kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Imam Gunawan,2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara,
Lexy J. Moleong, 2011.Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nanat Fatah Natsir dkk , MUDARRISUNA Vol. 8 No. 2 July-Desember 2018
Redja Mudyaharjo, 2012 Pengantar Pendidikan : Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Rajawali Pers
Senza Arisandy,George Adam Sukoco dan Resita EP, riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah, theconversation.com,
Sudarwan Danim, 2010. Profesional dan Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta, 2010
Sugiyono,2015, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,
Sugiyono,2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,
Suharsimi Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta,
Surat Edaran Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No 4 Tahun 2020, Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19)
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no 15 Tahun 2020, tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19
Syaiful Bahri Djamarah, 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta
Thomas Lickona,2012 Pendidikan Karakter (Character Matter), Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-07-20

How to Cite

dewi, mutia. (2020). Analisis Kerja Sama Guru Dengan Orang Tua dalam Pembelajaran Online di Era Covid 19 di MI Azizan Palembang. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 54–64. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.661
Abstract Views: 3540 | File Views: 5189