Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler English Club dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Siswa MIN 2 Sleman

Authors

  • Noor Mas'udah Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
  • Mujawazah Mujawazah Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.662

Keywords:

Ekstrakurikuler English Club, Kecerdasan Linguistik, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan tiga pembahasan, yakni bagaimana implementasi ekstrakurikuler English Club di MIN 2 Sleman, bagaimana hasil yang dicapai dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut dilihat dalam konteks kecerdasan linguistiknya, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat selama kegiatan ekstrakurikuler ini berjalan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik Analisis Data merujuk pada Miles dan Hubberman, yakni data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ Verification (menarik kesimpulan). Hasil dari penelitian ini adalah implementasi ekstrakurikuler ini meliputi dua tahapan, yakni tahapan persiapan dan tahapan proses. Sedangkan hasil perkembangan kecerdasan linguistik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler English Club ini mencakup keterampilan mendengar, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca. Adapun faktor pendukungnya adalah peran kepala madrasah yang kuat, kualitas guru yang profesional, minat dan kecerdasan siswa yang baik, dan alat atau media yang mudah didapat. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain kegiatan ini bukan materi wajib, kurangnya minat bimbingan di rumah, dan media pembelajaran yang belum diperbarui.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A., Rose Mini, dkk. (2010). Panduan Mengenal dan Mengasah Kecerdasan Majemuk Anak. Jakarta Selatan: Indocam Prima.
Dasopang, Muhammad Darwis. (2017). “Belajar dan Pembelajaran”. Fitrah: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol. 03. No. 2. Desember.
Departemen Agama RI. (2005). Panduan Kegiatan Ekstra Kurikuler Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depag RI.
Dewi, Rosdiana, dkk. (2020). Implementasi Metode Sentra Persiapan dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini. Tarbiyatuna. Vol. 4. No. 1.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasbiansyah, O. (2008). “Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi”. Mediator. Vol. 9, No. 1, Juni.
Ichsan, Ahmad Shofiyuddin. (2020). Rekonsepsi Pendidikan Tahfiz Al Qur’an melalui Model Learning Styles pada Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5 No 1.
Jannah, Rina Roudhotul, dkk. (2018). 144 Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Jumiyati. (2018). Penanaman Kecerdasan Emosional dan Spiritual melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dan Intrakurikuler di MI Ma’arif Sendang Karangsari Pengasih Kulonprogo. Tesis Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Kosim, Mohammad. (2008). “Madrasah Di Indonesia (Pertumbuhan dan Perkembangan)”, Jurnal Tadris, Vol. 2. No. 1.
Kurniawati, Annis. (2011). Peran Penggunaan Media Flash Card dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris (vocabulary) pada Materi Family Kelas I di MIN Yogyakarta II, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga..
Martyawati, Widya Syahra. (2016). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Siswa melalui Ekstrakurikuler Sains di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Cilongok Banyumas, Tesis Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Masruroh, Laeliya. (2016). Pengembangan Media Interaktif Bahasa Inggris Menggunakan Adobe Flash Professional untuk Kegiatan Ekstrakurikuler di SD/MI, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Mendikbud RI. (2014). Salinan Naskah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta : Kemendikbud.
Moelong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustafidah, Arina. (2017). Implementasi Program Bilingual School untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal Bahasa Inggris di SD Intis Yogyakarta , Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Prihatin, Eka. (2011). Manajemen Siswa. Bandung: Alfabeta.
Racho, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.
Subini, Nini. (2011). Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Yogyakarta: Javalitera.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinas (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, Umar. (2015). “Mengidentifikasi Kecerdasan Anak”.Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan. Vol. 7. No. 2. September.

Downloads

Published

2020-07-19

How to Cite

Mas’udah, N., Ichsan, A. S., & Mujawazah, M. (2020). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler English Club dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Siswa MIN 2 Sleman. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 65–75. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.662
Abstract Views: 1874 | File Views: 4003