PELATIHAN METODE USTMANI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI PUTRI SMK NURUL HUDA SUKARAJA

  • ahmad taufiq yuliantoro STKIP Nurul Huda di Sukaraja
Keywords: Metode Ustmani, Keterampilan, Membaca Al-Qur’an

Abstract

Membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sesuai kaidah-kaidah yang berlaku diperlukan suatu bidang disiplin ilmu yang lazim disebut ilmu tajwid, ilmu yang dapat mengantarkan para pembaca Al-Qur’an mampu membaca dengan benar dan teratur, indah dan fasih sehingga terhindar dari kekeliruan atau kesalahan dalam membacanya. Hal ini Menuntut ulama untuk memikirkan dan menciptakan metode yang tepat untuk mengajarkan Al-Qur’an dengan baik dan benar dalam waktu yang singkat. Tanpa mengesampingkan atas metode belajar mengajar, baik menurut salafus-sholih serta cendikiawan pendidikan.

Ada salah satu hambatan yang menonjol dalam pelaksanaan pendidikan Al-Qur’an yaitu, penggunaan metode pembelajaran Al-Qur’an. Mengantisipasi persoalan tersebut, maka muncul sebuah metode yang berawal dari penemuan-penemuan para ulama salaf terdahulu, yang terkumpul dalam kitab-kitab Tajwidil Qur’an yakni Metode Ustmani.

Tujuan utama dari penelitian adalah untuk mengembangkan model pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode ustmani diligkungan Asrama Putri SMK Nurul Huda Sukaraja. Sejalan dengan tuntutan dan tantangan yang ada di masyarakat, peran santri sangat dibutuhkan eksistensinya sebagai calon-calon pendidik dan pengajar yang berkualitas bukan hanya dalam bidang pengetahuan dan teknologi tetapi juga keagamaan, harapannya di masa mendatang santri mampu menguasai ketrampilan baca tulis al-Qur’an dengan baik. Kemajuan suatu bangsa bergantung pada bagaimana bangsa kita mampu mengenal, menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia yang berkaitan dengan kualitas Pendidikan. (Siti Wardatul Jannah, Pengembangan Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Berwawasan Religi Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa MA, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Juni, 2018 : 177.)

Metode mengajar adalah suatu teknik penyampaian bahan pelajaran kepada murid, dengan tujuan agar murid dapat menangkap pelajaran dengan mudah, efektif dan difahami dengan baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa upaya dalam peningkatan kualitas pembelajaran sangat penting. Akan tetapi kualitas pembelajaran ini seringkali terhambat oleh kesulitan dalam mengambil metode mengajar. Padahal metode dalam suatu pembelajaran sangatlah mempengaruhi hasil belajar yang nantinya dicapai oleh siswa atau peserta didik. (An-Nawawi,Abdurrahman, Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Bandung:Diponegoro1989,hal. 89)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Siti Wardatul Jannah, “Pengembangan Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Berwawasan Religi Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa MA,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Juni, 2018.
Said Agil Husain Al Munawar, Al-qur‟an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, Jakarta: Ciputat Pres, 2002
Abdurrahman An-Nawawi, Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Bandung : Diponegoro, 1989.
Sirojuddin As. Tuntutan Membaca Al-qur‟an dengan Tartil, Bandung: Mizan, 2005
Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013
Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras, 2011
Sukardi, Metodologi Penelitian: Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Yogyakarta: PT Bumi Aksara, 2003
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013
S. Nasution, Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, Bandung: Tarsito, 1998
Ahmad Tanzeh dan Suyitno, Dasar-dasar Penelitian, Surabaya: elKaf, 2006
Marzuki, Metodologi Riset, Yogyakarta: BPFE-UII, 1991
Gabriel Amin Silalahi, Metode Penelitian dan Studi Kasus, Sidoarjo: CV Citra Media, 2003
Abu Najibullah Saiful Bakhri, Metode Praktis Belajar Membaca Al-Qur’an Usmani, Blitar : 2009
Published
2020-07-22
How to Cite
yuliantoro, ahmad. (2020). PELATIHAN METODE USTMANI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI PUTRI SMK NURUL HUDA SUKARAJA. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 84-95. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.681
Section
Articles