KONTRIBUSI KEHARMONISAN KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V DI SDN BANGUN HARJO

Keharmonisan, Keluarga, Keterampilan Sosial

  • Seka Seka Andrean UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Abstract

Agar anak memiliki keterampilan sosial dan komunikasi yang baik, maka perlu adanya keharmonisan didalam lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga merupakan tempat dimana anak dibesarkan dan merupakan lingkungan yang pertama kali dijalani oleh seorang anak dalam mengarungi hidupnya, sehingga apa yang dilihat dan dirasakan oleh anak dalam keluarga akan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pribadi seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi keharmonisan keluarga dalam perkembangan keterampilan sosial anak. Peneliti melakukan penelitian di SDN Bangun Harjo dengan menggunakan metode kualitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang subjeknya 10 siswa dan keluarga siswa kelas V di SDN Bangun Harjo. Analisis data dilakukan dengan menganalisis semua data dari hasil penelitian, supaya dapat dijadikan satu kesatuan kemudian diverifikasi. Berdasarkan penelitian bahwa kontribusi keharmonisan keluarga dalam perkembangan keterampilan sosial yaitu Menciptakan kehidupan beragama dalam keluarga, Mempunyai waktu bersama keluarga, Mempunyai komunikasi yang baik antar anggota keluarga, Saling menghargai antar sesama anggota keluarga. Kualitas dan kuantitas konflik yang minim.

Keywords: Kata kunci: Keharmonisan, Keluarga, Keterampilan Sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Efendi. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21 Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence Atas IQ. Alfabeta.
Awi, M. V., Mewengkang, N., & Golung, A. (2016). Peranan Komunikasi Antar Pribadi Dalam Menciptakan Harmonisasi Keluarga di Desa Kimaamkabupaten Merauke. Acta Diurna Komunikasi, 5(2).
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet Ke -3. Balai Pustaka.
Eriyanti, I. O., Susilo, H., & Riyanto, Y. (2019). Analisis Pola Asuh Grandparenting Dalam Pembentukan Karakter Anak di TK Dharma Wanita Di Desa Drokilo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Jpus: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 9–16.
Farida Yunistiati, M. As‟Ad Djalali, Muhammad Farid. (2014). Keharmonisan Keluarga Konsep Diri Dan Interaksi Sosial Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 03(01).
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Pt Remaja Rosdakarya.
Isminayah, A., & Supandi. (2016). Relasi Tingkat Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Remaja. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 1(2), 233–248.
John Gottman Dan Joan Declaire. (2008). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. PT Gramedia Pustaka Utama.
Muchtar, A. I., Darwis, M., & Muhammad, R. (T.T.). Pengaruh Keharmonisan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Sosiologi. 9.
Musdalipah, M., Holilulloh, H., & Nurmalisa, Y. (2015). Pengaruh Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Kemampuan Sosial Siswa (No. 6). 3(6).
Nidyansari, D. A. (2018). Ketidakharmonisan Komunikasi Dalam Keluarga Pada Pembentukan Pribadi Anak (Pendekatan Humanistik). Jurnal Riset Komunikasi, 1(2), 264–275.
Nur Ahid. (2010). Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. Pustaka Belajar.
Saputri, E. M. (2014). Hubungan Interaksi Sosial Dan Keharmonisan Keluarga Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas X Di Smk Negeri I Baureno-Bojonegoro. Jurnal Bk Unesa, 4(2).
Sari, D. N. E. P., & Kristiawan, I. (2017). Pola Keterampilan Sosial Dalam Manajemen Konflik Berbasis Pluralitas Mahasiswa di Kawasan Pemukiman Warga (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kawasan Perumahan Asabri RW IX Kelurahan Sawojajar Kecamatan Sawojajar Kota Malang). Prosiding Snapp: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 5(1), 309–314.
Setiawati, F. A. (2009). Pendekatan Humanistik Dalam Bimbingan Konseling di Sekolah Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa. Paradigma, 4(08).
Suharsono. (2005). Mencerdaskan Anak, Cet Ke-2. Inisiasi Press.
Wina Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, Dan Prosedur. Kencana.
Published
2021-01-31
How to Cite
Andrean, S. (2021). KONTRIBUSI KEHARMONISAN KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V DI SDN BANGUN HARJO. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), 31-40. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.688